Bitung Pertahankan Swasti Saba Wistara

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban menerima penghargaan Kota Sehat dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

BITUNG – Penghargaan Swasti Saba Wistara dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Dalam Negeri, kembali diraih Pemerintah Kota Bitung. Penganugrahan penghargaan Swasti Saba Wistara diserahkan Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian dan diterima Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban, di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban mengatakan, Pemerintah Kota Bitung memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh komponen masyarakat atas keberhasilan meraih Swasti Saba Wistara Kota Sehat. “Penghargaan ini akan terus memotivasi kita semua agar tetap mensinergikan pembangunan yang berwawasan kesehatan,” tutur Lomban.

Dilanjutkannya, lewat prestasi ini akan ada terobosan yang inovasi dan kreatif dalam mengisi pembangunan, sehingga penghargaan Kota Sehat di Kota Bitung benar-benar terealisasi dan dirasakan dampaknya oleh masyarakat.

Lomban mengingatkan Kota Sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah (lintas sektor) dengan masyarakat dalam mengatasi masalah – masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial harus terus dilakukan. “Perlu diketahui bahwa penilaian Kota Sehat kedepannya lebih berfokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir melalui Forum Kota Sehat,” jelasnya sembari mengingatkan untuk tidak cepat puas dengan prestasi ini, tapi harus dipertahankan dan alangkah lebih baik jika ditingkatkan.

Hadir pada kesempatan itu Menteri Kesehatan RI dr. Terawan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Frangky Soriton, dan sejumlah anggota Forum Kota Sehat dari 48 daerah lainnya.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020