Bitung Pertama dan Tercepat di Indonesia Lakukan Penandatangan NPHD Pilkada

Penandatanganan NPHD antara Pemkot dan KPU. (Foto: HMP)

BITUNG – Dalam rangka mendukung pelaksanaan Pilkada 2020, Wali Kota Bitung Maximilaan J Lomban melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama KPU Kota Bitung di Botanica Nature Resort Danowudu, Jumat (13/09/2019).

Dalam kesempatan itu, Lomban menyatakan ini merupakan bentuk tanggung jawab Pemerintah Kota Bitung untuk menunjang suksesnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2020. “Saya berterimakasih baik unsur KPU maupun Pemerintah Kota Bitung sudah mengkaji setelah mendapat pembekalan dari Kementiran Dalam Negeri dan KPU Pusat tentang bagaimana kita melakukan penandatanganan NPHD, itu semua dilakukan untuk memproses lebih cepat dengan jadwal yang sudah diatur melalui PKPU nomor 15 tahun 2019,” ujar Lomban.

Ditambahkan, Pemerintah Kota Bitung telah menyetujui pendanaan pemilihan kepala daerah tahun 2020 sebesar Rp.33 Milyar yang penganggarannya dibagi menjadi dua tahun anggaran. “Pemerintah Kota Bitung dengan KPU Kota Bitung sangat intens dalam melaksanakan pembahasan berdasarkan usulan atau permohonan hibah yang disampaikan ke Pemerintah Kota Bitung,” katanya.

Sementara itu Ketua KPU RI Arif Budiman mengapresiasi Pemerintah Kota Bitung atas pelaksanaan penandatanganan NPHD pilkada serentak 2020. “Teman-teman media catat ya, ini bukan saja yang pertama di Indonesia tetapi juga yang tercepat dalam pelaksanaan penandatanganan NPHD Plikada serentak 2020,” ungkap Arif.

Pelaksanaan penandatanganan NPHD Pilkada serentak juga dihadiri Ketua DKPP RI Prof Harjono, Komisioner KPU Sulut, Wakil Wali Kota Bitung, Sekretaris Daerah Bitung, Komisioner KPU Bitung dan undangan lainnya.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020