Bitung Sukses “Menghadap Laut”

(Kegiatan gerakan "Menghadap Laut" di Kota Bitung berlangsung sukses)
(Kegiatan gerakan “Menghadap Laut” di Kota Bitung berlangsung sukses)

BITUNG – Kegiatan bersih-bersih pantai melalui gerakan “Menghadap Laut” yang digelar Pandu Laut Nusantara pada Minggu (19/08/2018) di 73 titik termasuk Kota Bitung, berlangsung sukses. Pasalnya

Gerakan “Menghadap Laut” di Kota Bitung dipusatkan di dermaga Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS). Sedangkan aksi bersih-bersih pantai dilakukan di beberapa lokasi, sekitar PPS Bitung. Kegiatan yang dilanjutkan dengan audit sampah itu, diakhiri menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil Menghadap ke Laut, Minggu (19/08/2018).

Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan menyambut baik serta bangga dengan kunjungan Menteri Susi, Panngemanan juga membeberkan bahwa gerakan bersih-bersih ini sudah diinisiasi oleh Pemkot Bitung melalui gerakan 5 B yakni bersih di udara, bersih di darat, bersih di bawah tanah, bersih di laut dan bersih aparat birokrasi. “Bahkan saat ini, Pemkot Bitung sejak beberapa tahun terakhir sudah tidak lagi menggunakan air minum dalam kemasan dalam kegiatan. Semuanya sudah memakai tumbler bukan sebagai gagah-gagahan namun untuk mewujudkan program bersih yang telah digagas,” kata Pangemanan.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga selaku Pembina Utama Pandu Laut Nusantara mengatakan Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar ke-2 di dunia, untuk itu perlu gerakan untuk mengurangi sampah plastik. “Indonesia adalah negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia, Sampah plastik sangat berbahaya, gerakan ini sebagai bagian dari komitmen kita mengurangi 70 persen sampah plastik di lautan pada 2025,” ucap Susi.

Ia melihat gerakan “Menghadap Laut” menunjukan kepedulian masyarakat pada laut Indonesia dan menjadi salah satu gerakan penting dalam menunjang target bangsa sebagai Poros Maritim Dunia. “Hari ini kita melihat kepedulian yang luar biasa dari masyarakat Indonesia yang bergerak sukarela di 76 titik dan 24 kapal bergabung di titik titik berbeda,” katanya.

Hadir kegiatan tersebut Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouny Lomban Rawung, unsur Forkopimda Kota Bitung, para pejabat di lingkungan Pemkot Bitung, seluruh ASN, dan THL ikut ambil bagian.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020