Bitung Terima Penghargaan Atas Capaian Kapabilitas APIP Level III

BITUNG – Wali Kota Maximiliaan Jonas Lomban, SE, M.Si menerima penghargaan atas capaian kapabilitas APIP Level III yang diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Sulut Setya Nugroho yang diawali dengan penandatanganan piagam audit internal di ruang sidang kantor walikota. Senin (16/03/2020).

Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Sulut Setya Nugroho mengaku sangat bahagia dan mengapresiasi atas capaian kapabilitas APIP Level III ini. “Karena dari skala 1- 5 pada level ini dari segi kematangan sudah memiliki kemampuan yang bisa memberikan early warning system terutama bagaimana melakukan mitigasi resiko di titik-titik kritis dalam mengawal proses governance di Kota Bitung yang kita cintai ini,” ungkap Setya.

Tambahnya lagi bahwa capaian ini merupakan bentuk konkrit yang harus ditindaklanjuti dan dijadikan acuan sehingga benar-benar menjadi pemacu dalam mengaplikasikannya terutama terhadap resiko pencegahan korupsi sehingga menjadi landasan untuk terus sampai pada proses berikutnya.

Terkait penandatangan Internal Audit Charter ini merupakan dasar hukum bagi inspektorat dan sebagai bukti keseriusan serta komitmen yang tinggi dari walikota untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban, SE, M.Si berterimakasih atas penilaian BPKP Provinsi Sulawesi Utara terhadap capaian kapabilitas APIP Level III kepada Inspektorat Kota Bitung. “Hal ini akan kami jadikan pemacu dalam menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih guna membangun Kota Bitung yang lebih hebat kedepan,” ujar Lomban.

Dikesempatan tersebut, Lomban mengajak kepada semua KPD untuk berkomitmen serta memiliki perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan yang baik sehingga dapat terwujud budaya kerja yang disiplin, serta terus berharap mendapat bimbingan dan arahan dari BPKP Sulut dalam rangka mengefektifkan pelaksanaan pembangunan yang terkait dengan pengelolaan keuangan dan aset daerah secara baik dan benar.

Turut hadir, Sekretaris daerah kota Bitung Dr. Audy Pangemanan AP. M,Si, Asisten III Yoke Senduk, SH, M,Si, Kepala Inspektorat Kota Bitung Reyne A J Suak S.Sos, jajaran KPD Pemkot Bitung.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020