Bitung Tuan Rumah Konvensi Nasional API

(Pelaksanaan Konvensi Nasional API di Gereja GMIM Sentrum Bitung)
(Pelaksanaan Konvensi Nasional API di Gereja GMIM Sentrum Bitung)

 

BITUNG – Kembali Kota Bitung menjadi ruan rumah ajang kerohanian, yang sebelumnya pelaksanaan perayaan Paskah sekaligus HUT Pemuda Sinode GMIM, kali ini Konvensi Nasional Asosiasi Pastoral Indonesia (API) tahun 2017 yang akan digelar di Kota Bitung.

Menurut Ketua Harian Konvensi  Nasional API 2017, Pnt. Rita Mantiri Tangkudung, pelaksanaan Konvensi Nasional Asosiasi Pastoral Indonesia (API) tahun 2017, akan dipusatkan di Gereja GMIM Sentrum Kota Bitung. “Pembukaan kegiatan dilakanakan di Manado dan telah dibuka Gubernur Sulut, Olly Dondokambey,” ungkap Tangkudung.

Lebih jauh dijelaskan, kegiatan tersebut berlangsung sejak 20 sampai 23 April dengan sejumlah agenda yang diikuti segenap pengurus pusat dan wilayah API serta pengurus wilayah IX API masa pelayanan 2013-2017. “Tema yang diangkat adalah pelayanan dan kekerasan atau pastoral ministry and violence yang merupakan bagian dari tema The 11th Asia Pacific Congress on Pastoral Care and Counseling (The 11th APCPCC) yang berlangsung di Jakarta tanggal 19-22 September 2017,” beber Tangkudung.

Menariknya, semua peserta membawa botol minum sendiri untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Hal ini sejalan dengan Konvensi Nasional secara khusus yang menyorot sub tema Pastoral Sosial dan Lingkungan. Bahkan akan ada agenda seminar dan FGD serta konfrensi wilayah IX API tahun 2017 dengan pertanggungjawaban pengurus wilayah IX masa pelayanan 2013-2017 dan memilih pengurus baru 2017-2021. Kemudian akan dilakukan kunjungan ke Taman Nasional Tangkoko dan sejumlah lokasi di Kota Bitung dengan peserta sekira 500 orang.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020