BMKG Perkirakan, Sulut Terus Hujan Deras Disertai Angin Kencang Sepanjang Januari 2017

foto ilus
foto ilus
foto ilus

MANADO – Masyarakat yang berdomisili di lokasi rawan bencana banjir, tanah longsor dan yang tinggal di pesisir pantai diimbau untuk waspada.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut memprkirakan curah hujan dan angin kencang masih akan terjadi sepanjang Januari 2017 ini.

Hal ini seperti disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, Noldi Liow. “BMKG Sulut telah menerbitkan peringatan dini terkait cuaca ekstrim ini,” kata Liow.

Selain hujan deras disertai angin kencang, gelombang laut di wilayah ini terpantau mencapai 2-3 meter dengan gelombang tertinggi di Kepulauan Kabupaten Talaud yang berbatasan dengan Filipina.

“Laut di daerah tersebut berhadapan dengan Samudera Pasifik dengan tinggi ombak antara hingga empat meter,” ujar Noldy.

Sekadar diketahui, hujan deras terus mengguyur Kota Manado sejak Sabtu 31 Desember 2016 yang sempat mengusik kemeriahan pesta kembang api malam tahun baru di kawasan Taman Kesatuan Bangsa (TKB) pusat kota Manado.

Senin 2 Januari 2017, dilaporkan ada 3 Kepala Keluarga di Kelurahan Ternate Baru Kecamatan Singkil sempat menjadi korban tanah longsor meski tidak sampai memakan korban jiwa. (antoreppy/lip6)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020