IKLAN

BNPT: Instansi Terkait Bantu Pengawasan Daerah Perbatasan Cegah Teroris Masuk Sulut


image

Kepala BNPT RI, Komjen Pol. Dr. Saud Usman Nasution, SH. MM saat diwawancarai wartawan di Manado

MANADO – Sulawesi Utara sebagai daerah yang berbatasan dengan negara tetangga, Philipina dikenal sebagai pintu masuk kelompok radikal teroris. Saat ini marak informasi kelompok teroris luar akan menyusup ke Indonesia.

Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) pun berharap seluruh instansi terkait di Sulut sama-sama membantu pengawasan di daerah perbatasan.

“Kami menghimau agar semua instansi terkait Pemerintah, Kepolisian dan TNI agar bisa berkerja sama untuk lebih mengefektifkan kegiatan pemantauan dan pengawasan di daerah perbatasan”  kata  Kepala BNPT RI, Komjen Pol. Dr. Saud Usman Nasution, SH. MM dalam acara Sosialisasi BNPT di Hotel Peninsula kemarin seraya mengaku pengalamannya tentang 8 orang Tiongkok yang masuk ke Poso itu adalah tanda-tanda yang harus diwaspadai.

“Mereka ini sudah punya niat dan punya kesempatan. Maka kami meniadakan niat dan kesempatan tersebut, kami akan merubahnya” katanya.

Dari semua jalur masuk yang ada di Indonesia maupun Laut, Udara dan darat dijelaskan, semua rawan karena mereka akan mencari kesempatan untuk itu pihaknya tidak akan lengah dan pihaknya juga akan menggunakan peran dari Intelejen dan Masyarakat.

“Kami akan menggunakan peranan dari Intelejen dan Masyarakat. Karena, basis informasi itu berada di RT/RW, Desa, Kelurahan dan babinkamtibmas ini akan kita optimalkan pelaksanaannya sehingga sedini mungkin atau sekecil apapun informasi tentang kelompok radikalisme ini bisa disampaikan agar bisa cepat diantisipasi oleh aparat,” tutupnya. (ekaputra)

IKLAN
loading...