IKLAN

BPBD Mitra Segera Tuntaskan Sembilan Paket Bencana


Jopi Mokodaser SH

Jopi A Mokodaser SH

RATAHAN — Sedikitnya ada sembilan paket bencana di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), akan segera tuntas dikerjakan oleh pihak ketiga. Salah satunya tanggul jalan Ratahan–Pangu dengan anggaran Rp1 milyar lebih segera tuntas dikerjakan. Hal ini dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mitra Jopi A Mokodaser SH, Jumat (23/9).

Dia menyebutkan, masih ada banyak titik rawan bencana yang telah kami usulkan ke BPBN, namun masih harus menunggu dari pusat.

“Mudah-mudahan tahun depan bantuan untuk pembangunan tanggul dan lainnya dapat direalisasikan sesuai usulan dari BPBD Mitra,” ujarnya.

Dia menambahkan, kami harus mengusulkan lagi untuk beberapa titik rawan bencana yang harus segera diperbaiki.

“Yang pasti kami akan mengusulkan kembali ke BPBN pusat, terkait beberapa titik rawan bencana yang harus segera diperbaiki,” tandasnya.

Namun diakuinya, untuk mengusulkan kembali bantuan kedaruratan bencana ke pusat harus kita buat Surat Pertangung Jawaban (SPJ) dulu,  baru usulkan sesuai RAP,  kemudian ada presentasi hasil usulan dan pihak BPBN akan melakukan verifikasi usulan.

“Tahapan ini yang lama, jadi kami harus menunggu verifikasi dari tim pusat dan ini butuh waktu sekira tiga bulan dan lobi, sehingga usulan ini dapat disetujui pusat,” tukas mantan Kesbangpol dan Linmas Mitra ini. (fensen)

IKLAN
loading...