Bumdes Award 2019, Apresiasi Pemkab Sangihe Bagi Desa dan Kelurahan Terbaik

Tahuna- Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, menyerahkan Piagam Penghargaan Hasil Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan dan Penghargaan Bumdes tahun 2019, pada pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT ke 74 RI, di papanuhung santiago tampungan lawo, Sabtu (17/8) 

Pelaksanaan evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan dilaksanakan berdasarkan Permendagri nomor 81 tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan. Evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan bertujuan mengevaluasi, menilai dan mendorong Pemerintah Desa dan Kelurahan, bersama masyarakat untuk menemukenali dan memgoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya. 

Mengetahui capaian di Desa dan Kelurahan selama kurun waktu satu tahun, dalam mewujudkan kualitas hidup masyarakat di Desa dan Kelurahan, pada aspek penyelenggaraan Pemerintahan kewilayahan serta kemasyarakatan.

Bumdes adalah badan usaha yang dibentuk pemerintah Desa dan masyarakat sesuai kesepakatan yang diketahui masyarakat, adapun Bumdes memiliki rana unit usaha yang disesuaikan dengan karakteristik hal-hal potensi dan sumberdaya yang dimiliki oleh masing-masing Desa dan pembentukan Bumdes ditetapkan dengan peraturan Desa.
Bumdes dibentuk berdasarkan Permen Desa nomor 4 tahun 2015, tentang pendirian, pengurusan dan pengelolaan, pembubaran Bumdes.

Bupati menerangkan, bahwa Penghargaan yang diberikan ini adalah sebagai bentuk apresiasi kepada Desa-desa di Sangihe karena target pemerintah adalah membangun dari desa.

“Inikan Piagam Penghargaan untuk memberikan rangsangan kepada teman-teman kita yang ada di Kelurahan dan Desa. Karena agenda kita adalah membangun dari desa. Target kita bagaimana pergerakan ekonomi yang ada di sangihe itu, dimulai dari Desa sehingga Desa ini betul-betul menjadi sebuah objek yang memberikan dampak positif  bagi pengembangan ekonomi yang ada di Sangihe dengan potensi-potensi yang ada,” ujar Gaghana.

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020