Bupati CEP Paparkan Keunggulan Pertanian pada Pemerintah Pusat

Bupati CEP Paparkan Keunggulan Pertanian pada Pemerintah Pusat

AMURANG– Berbagai terobosan dilakukan Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu (CEP), untuk kemajuan daerah tercinta. Salah satu manfaat ketika kunjungan pemerintah pusat di Sulut dalam hal ini Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Dirjen TP Kementan RI) Sumarjo Gatot Irianto, Rabu (8/11/2017), di Manado.

Kehadiran Dirjen tersebut di daerah Bumi Nyiur Melambai ini dimanfaatkan Bupati Paruntu. Pada pertemuan yang dilakukan Bupati Paruntu dengan Dirjen diantaranya bupati memaparkan berbagai keunggulan pertanian di Minsel.

Sejumpah program unggulan yang sudah direalisasi dliantaranya,  Upaya Khusus Penanaman Padi, Jagung dan Kedele (Upsus Pajale), serta program pertanian lainnya. Pada program ini didukung dengan pengadaan alat pertanian, baik itu ukuran kecil maupun besar, dan peningkatan kapasiatas para penyuluh pertanian.

“Pertemuan dengan pak Dirjen sangat penting. Dimana pada pertemuan iti saya paparkan berbagai program pertanian di Minsel, yang sedang dilaksanakan,” ujar Bupati Tetty sapaan akrab Paruntu.

Dalam satu kesuskses di bidang pertanian yang sementara dikembangkan sekarang lanjut Paruntu adalah pengembangan kacang kedelai.

Dimana pada program  pengembangan kacang kedelai ini menurut Paruntu boleh dikata sangat sukses. Sebab Minsel  menjadi satu-satunya kabupaten yang boleh mendapat empat kelas dalam pelatihan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian, Batangkaluku dibandingkan dengan daerah yang lain.

Sementara itu Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI Sumarjo Gatot Irianto, dalam pertemuab memberikan apresiasi yang tinggi pada  Pemkab Minsel dalam hal ini  Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu. Menurutnya, sebagai seorang pejabat seperti bupati sukses membangun lahanpertanian.

Apalagi lanjut Dirjen dalam upaya mengembangkan usaha pertanian butuh sarana dan prasarana penunjang. Sehingga melihat perab Bupatk Minsel berhasil  melakukan lob-lobi kepada pemerintah pusat, agar perlu bantuan akan masuk ke Minsel. (Vie/humas)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020