Butuh 24 Miliar Rampungkan RSUD Mitra Hebat

Helny ratuliu

RATAHAN — Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) terus merampungkan segala kebutuhan untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mitra Hebat yang berlokasi di Desa Towuntu Timur Kecamatan Tombatu Timur.

Dikatakan Direktur RSUD Mitra Hebat dr Lucie Mewengkang, saat ini rumah sakit masih bertipe D tersebut sementara dirampungkan karena masih banyak hal yang dibutuhkan.

“Rumah Sakit Mitra Hebat masih dalam tahap perampungan, agar bisa lebih layak sebagai rumah sakit tipe D. Kami terus berupaya untuk merampungkan semua kebutuhan yang ada dan idealnya saat ini masih butuh anggaran kira-kira 24 miliar,” sebut Mewengkang.

Ditambahkannya, setelah semua rampung maka tenaga medis juga akan disediakan untuk menangani pasien dengan peralatan yang memadai.

“Memang saat ini masih kekurangan dokter, tapi kedepan akan kami sediakan dokter agar dapat menangani pasien dengan lebih baik,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr Helny Ratuliu menjelaskan, sementara ini RSUD Mitra Hebat belum beroperasi sepenuhnya, namun pelayanan di Puskesmas terus dimaksimalkan.

“Untuk Puskesmas di Mitra kami upayakan dapat untuk dapat menangani pasien yang datang berobat tanpa memungut biaya dengan pelayanan maksimal,” sebutnya.

Menurutnya, untuk asuransi yang ditanggung oleh pusat seperti Jamkesmas dan Askes bisa berobat ke RS ketika mendapat rujukan dari Puskesmas.

“Namun untuk pemegang kartu BPJS yang sebelumnya ditanggung oleh Pemkab Mitra tidak lagi bisa dipakai ketika dirujuk,” ujar Ratuliu.

Ditambahkannya, untuk masyarakat yang kurang mampu tidak perlu kuatir karena ditanggung oleh pemerintah pusat.

“Jadi ada sekitar 37 warga kurang mampu yang ditanggung pemerintah pusat dengan Jamkesmas,” pungkasnya. (rfs)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020