Calon Paskibraka Sulut Dibuka, Sendoh: 30 Peserta Ikut Seleksi Ketat

Kadispora Sulut Marcel Sendoh dan jajarannya bersama para peserta Paskibraka utusan 15 Kab/Kota saat pembukaan seleksi di hotel Grand Puri Manado, Selasa (17/4/2018) (foto:Ist)

MANADOРSeleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) utusan 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara (Sulut) diikuti 30 peserta. Nantinya akan terpilih masing-masing satu pasang putra dan putri terbaik menjadi utusan ke tingkat nasional.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulut, Marcel Sendoh, Selasa (17/4/2018) bertempat di hotel Grand Puri Manado saat membuka kegiatan Seleksi Calon Paskibraka 2018.

Kadispora Marcel Sendoh juga didampingi Kabid Pengembangan Pemuda, Y Paendong menjelaskan, seleksi Paskibraka kali ini diikuti oleh total 30 peserta utusan 15 Kabupaten /Kota di Sulut.

“Jadi tiap Kabupaten/Kota mengirimkan sepasang putra dan putri terbaik yang telah melalui tahapan seleksi di masing – masing daerah. Total keseluruhan 15 putra dan 15 putri yang akan mengikuti seleksi ketat. Dari hasil seleksi ini akan diperoleh sepasang yang dianggap terbaik sebagai wakil Sulut di tingkat nasional,” urai Sendoh.

Paendong menambahkan adapun seleksi yang akan dilakukan para peserta sesuai standar yang berlaku, yakni psikotest, kesehatan, parade, samapta, PBB, wawancara, kesenian dan pantuhir. Hingga akhirnya terpilih satu putra dan satu putri yang akan menjadi utusan Paskibraka Sulut di tingkat nasional.

Adapun para tim juri dan pelaksana yang berkompeten berasal dari unsur TNI, Universitas, Kesehatan, Staf Khusus Gubernur Bidang Pemuda, Pers JIPS, PPI dan Dispora. “Seleksi dilaksanakan secara transparan dan diharapkan memperoleh hasil yang terbaik,” kunci Sendoh. (srikandi/*)