Capai Poin 6.200, Manado Pertahankan Penghargaan Kota Paling Toleran se-Indonesia

Walikota Manado Vicky Lumentut saat memberikan penyampaian dalam kegiatan launching penghargaan Indeks kota Toleran.

JAKARTA — Lembaga independen Setara Institute yang melakukan riset di 94 kota terhadap praktik hidup dan regulasi terkait kebebasan beragama dan berkeyakinan dimasyarakat, hari ini melakukan pengumuman hasil riset sekaligus memberikan penghargaan.

Dalam laporan Setara Institute, merilis Indeks Kota Toleran Tahun 2020 dengan 10 kota yang memiliki skor toleransi tertinggi. Rinciannya yakni, Salatiga (skor 6,717), Singkawang (6,450), Manado (6,200), Tomohon (6,183), Kupang (6,037), Surabaya (6,033), Ambon (5,733), Kediri (5,583), Sukabumi (5,546), dan Bekasi (5,530).

Direktur Riset Setara Institute, Halili, dalam konferensi pers daring, Kamis (25/2), mengatakan bahwa sejumlah atribut yang harus dimiliki kota toleran diantaranya Kota harus memiliki rencana dan kebijakan pembangunan yang kondusif bagi praktik dan promosi toleransi,” ujar Halili.

Lanjut dikatakan, tindakan pejabat di kota tersebut juga harus kondusif bagi praktik toleransi. Termasuk tingkat pelanggaran kebebasan beragama atau berkeyakinan yang rendah atau tidak ada sama sekali.

Tambahnya, kota toleran harus menunjukkan upaya yang cukup dalam tata kelola keberagaman identitas warganya. Nah, dalam studi ini, Setara menetapkan empat variabel dengan delapan indikator.

“Variabel regulasi pemerintah kota memiliki indikator yakni, RPJMD dan produk hukum pendukung lainnya serta kebijakan diskriminatif. Variabel kedua adalah tindakan pemerintah. Indikatornya terdiri dari, pernyataan pejabat kunci tentang peristiwa intoleransi dan tindakan nyata terkait peristiwa,” bebernya.

Sementara, regulasi sosial menjadi variabel berikutnya dengan indikator peristiwa intoleransi serta dinamika masyarakat sipil terkait peristiwa intoleransi.

Terakhir, demografi agama. Halili mengungkapkan, variabel itu mencakup indikator heteregonitas keagamaan penduduk dan inklusi sosial keagamaan.

“Scoring dalam studi ini menggunakan skala numerik 1-7, artinya dia gradasi dari kualitas buruk ke baik, 1 itu paling buruk, 7 itu paling baik,” ungkapnya.

Dengan hadirnya penghargaan ini, tentunya memberikan kesan positif dimasa akhir jabatan Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan. Yang mana telah mengharumkan nama Provinsi Sulawesi Utara, melalui prestasi yang ditorehkan untuk Kota Manado.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Manado. Mari torang terus jaga rumah besar Manado supaya tetap dihuni oleh warga yang mencintai hidup rukun, aman dan damai,” tutur Walikota Lumentut.

Adapun penghargaan kepada kota-kota di Indonesia yang masuk ranking 10 besar berdasarkan Indeks Kota Toleran tahun 2021 sesuai peringkatnya yaitu :

  1. Kota Salatiga
  2. Kota Singkawang
  3. Kota Manado
  4. Kota Tomohon
  5. Kota Kupang
  6. Kota Surabaya
  7. Kota Ambon
  8. Kota Kediri
  9. Kota Sukabumi
  10. Kota Bekasi.

(swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020