Cegah Bencana, Pemkot Bitung Gelar Bersih Sungai dan Tanam Pohon

(Kegiatan bersih sungai dan tanam pohon)

 

BITUNG – Guna mencegah bencana, Pemerintah Kota Bitung menggelar bersih sungai dan tanam pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Girian.

Kegiatan Nasional Pengurangan Resiko Bencana Sekolah Sungai Kota Bitung 2017 itu, ditandai dengan apel siaga relawan yang dipimpin Wali Kota Bitung Max J Lomban, pada akhir pekan, di Riverside Camp Adventure Kelurahan Manembo-nembo Kecamatan Matuari.

Menurut Lomban, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana, antara lain lewat pembangunan Sabodam danTalud, serta pelatihan relawan di berbagai komunitas tertentu. “Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk menumbuhkan jiwa gotong royong dan peduli dari semua pihak dalam menjaga kebersihan sungai,” ujar Lomban.

Disamping itu, lanjut Lomban keberadaan sekolah lingkungan yang ada di Kota Bitung yang terdiri dari sekolah Sungai, Hutan, Laut, Gunung dan Sekolah Lima Bersih diharapkan mampu menjalankan fungsinya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya menjaga lingkungan serta dampak buruk akibat penyalahgunaan lingkungan, “Bumi ini hanya titipan bagi anak cucu kita yang harus dijaga bersama secara bertanggung jawab,” tegas Lomban.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Sekertaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan, Ketua TP PKK Kota Bitung juga sebagai Kepala Sekolah Sungai Ny. Khouni Lomban Rawung,  Ketua DWP Kota Bitung Ny. Riny Pangemanan Tinangon, para pejabat lingkup Pemkot Bitung, tokoh masyarakat serta instansi terkait lainnya.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020