Cegah Radikalisme, Polres Warkop Gelar Dialog Publik

(Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting saat berdialog soal pencegahan paham radikalisme bersama komunitas Forsa Warkop Bitung)
(Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting saat berdialog soal pencegahan paham radikalisme bersama komunitas Forsa Warkop Bitung)

 

BITUNG – Kota Bitung yang dikenal sebagai salah satu daerah pintu masuk tidak luput dari target kelompok-kelompok tertentu yang tidak menginginkan hidup rukun dan damai. Inilah yang menjadi perhatian serius sejumlah elemen di daerah ini. Buktinya, LSM Proteksi Hak Asasi Manusia kota Bitung dan Forum Persaudaraan Warung Kopi (Forsa Warkop) kota Bitung bekerja sama dengan jajaran Polres Bitung, menggelar dialog publik.

Dialog Publik “WARKOP BACIRITA” yang membahas soal pencegahan terhadap aksi radikalisme di Kota Bitung dihadiri Kapolres Bitung AKBP. Philemon Ginting, SIK, MH, Wakapolres Kompol Suharman Sanusi, SIK, para pejabat utama dan Kapolsek KPS Bitung dan Kasubbag Humas Polres Bitung AKP. Idris Musa, serta komunitas Warkop Bitung.

Kapolres Bitung AKBP. Philemon Ginting, SIK, MH, menyampaikan Kota Bitung merupakan sentra pelayaran, dengan adanya Pelabuhan Bitung. Sehingga berbagai elemen masyarakat masuk maupun keluar melalui pelabuhan dan iidak menutup kemungkinan penyebaran akan paham radikalisme di Kota Bitung bisa dan kapan saja terjadi, yang berdampak pada gangguan stabilitas keamanan baik ancaman teroris maupun tindak kriminalitas lainnya. “Untuk itu diperlukan peran dan fungsi dari tokoh agama (toga), tokoh masyarakat (tokmas), dan pemuda yang ada di Kota Bitung khususnya yang tergabung dalam Forum Persaudaraan Warkop Resting Area Kota Bitung,” ungkap Kapolres.

Dia juga menghimbau untuk bersama-sama dalam hal penanggulangan dan pencegahan akan penyebaran paham radikalisme, karena pencegahan dan penanggulangan penyebaran sebab paham radikalisme bukan hanya tugas dari Polri dan unsur TNI saja melainkan tanggung jawab kita bersama selaku warga NKRI. “Polres Bitung tidak akan tinggal diam dan menolak setiap pengaduan dan informasi dari masyarakat, jadi walau sekecil apa pun segeralah dilaporkan untuk ditindak lanjuti,” katanya.

Dialog Publik “WARKOP BACIRITA” yang membahas soal pencegahan terhadap aksi radikalisme di Kota Bitung mendapat tanggapan positif semua yang hadir. Bahkan menyatakan mendukung program yang dilaksanakan jajaran Polres Bitung dan Pemkot Bitung dalam bidang pemeliharaan Kamtibmas di daerah ini.(hry) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020