Cegah Virus Corona, Wartawan Biro Bitung Gelar Penyemprotan Disinfektan di Sejumlah Lokasi

BITUNG – Aksi pencegahan Virus Corona (Covid-19) di Kota Bitung terus dilakukan sejumlah pihak. Mulai dari pemerintah, ormas, LSM, maupun tim relawan, semua ikut memerangi penyebaran virus corona. Pun para wartawan yang melakukan peliputan di daerah ini, bekerjasama dengan PMI serta Pemkot Bitung, turut memerangi dengan melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah wilayah, Sabtu (04/04/2020).

Aksi yang diawali apel bersama di rumah dinas walikota itu, juga mendapat arahan dari Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban sekaligus membagikan Alat Pelindung Diri (APD) sederhana kepada para wartawan biro Bitung dan anggota PMI Kota Bitung yang akan melakukan penyemprotan disinfektan. “Dalam melakukan penyemprotan disinfektan, harus mengikuti cara yang benar agar tidak beresiko kepada orang yang bertugas melakukan penyemprotan. Contohnya harus mengikuti arah angin, supaya yang melalukan penyemprotan tidak terkena dengan cairan disinfektan” ujar Lomban juga Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Bitung yang didampingi Sekertaris Dinas Kesehatan Pemkot Bitung, dr Calvin Wuisang.

Kesempatan itu, Lomban juga memberikan apresiasi kepada sejumlah wartawan yang secara sukarela terpanggil untuk membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Selaku Wali Kota Bitung dan sebagai Ketua Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 mengucapkan terimakasih atas partisipasi kalian, selain selalu aktif dengan pemberitaan pencegahan penyebaran Covid-19, kalian juga turun langsung untuk mengadakan penyemprotan disinfektan di seputaran Kota Bitung, semoga Bitung bebas dari Virus Corona,” tandas Lomban.

Sementara itu, Yappi Letto, wartawan Koran Sindo Manado Biro Bitung juga selaku Koordinator Lapangan (Korlap) mengemukakan, aksi sosial ini adalah inisiatif dari teman-teman wartawan yang merasa peduli untuk pencegahan penyebaran Virus Corona di Kota Bitung. “Kegiatan ini dilakukan secara spontan dan hanya direncanakan satu hari sebelum kegiatan. Puji Tuhan, walaupun tidak ada perencanaan yang begitu matang, tetapi aksi ini bole berjalan dengan baik sehingga bisa melakukan penyemprotan sekitar 15 titik dan mendapat respons yang sangat baik dari masyarakat,” kata Yappi sembari menghimbau agar masyarakat tetap jaga jarak, rajin cuci tangan dan tetap dirumah, serta mengikuti anjuran pemerintah.(*)

Lokasi Penyemprotan Disinfektan:
1. Gereja Efrata Dua Kelurahan Kakenturan Satu.
2. Perum BTN Kakenturan
3. Kompleks Parigi Tofor Kelurahan Bitung Barat Satu.
4. Kompleks Candi.
5. Kompels Lapangan Maesa.
6. Samping lorong Gaas Madidir.
7. Lorong Angsana Perum Girian Weru Dua Kecamatan Girian.
8. Perum Asri Pinokalan.
9. Perum Bumi Beringin.
10. Perum buah yaki.
11. Perum Dea Kelurahan Manembo-nembo.

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020