Cuaca Ekstrem, Wagub Kandouw Ingatkan Pemerintah Kab/Kota dan Masyarakat Siaga

MANADOLINE– Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) tetap waspada menghadapi tingginya curah hujan akhir-akhir ini.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw

Hal tersebut guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,”imbau Gubernur Olly Dondokambey diwakili Wakil Gubernur Steven Kandouw kepada sejumlah wartawan di Kantor Gubernur, Selasa (4/8/2020).

Diketahui, peringatan dini cuaca Provinsi Sulut yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut pada Selasa (4/8/2020) menerangkan potensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Manado, Bitung, Kotamobagu, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolmong, Bolmong Timur, Bolmong Selatan, Bolmong Utara dan Talaud.

“Sesuai informasi teman-teman BMKG bahwa sampai akhir minggu ini Sulut alami cuaca ekstrem. Arahan Pak Gubernur agar supaya pemerintah kabupaten/kota untuk aware terutama yang ada di tepi sungai dan tebing supaya betul siaga,” lanjut Wagub Kandouw di Manado.

Kandouw juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait untuk selalu siaga di dekat lokasi rawan bencana.

“BPBD provinsi, kabupaten/kota semua harus stand by. Ke-PU-an, dinas sosial, alat-alat perintah pak gub stand by termasuk balai jalan, balai sungai, semua stand by. Tadi laporan semua sudah di lapangan, termasuk basarnas, TNI, Polri,” jelasnya.

Disamping itu, terkait bantuan untuk korban bencana banjir di Bolsel dan Bolmong, Kandouw mengatakan bahwa Pemprov Sulut akan menyalurkan bantuan tahap dua di lokasi bencana.

“Tahap pertama kan sudah. Untuk tahap kedua perintah Pak Gubernur akan segera disalurkan. Mudah-mudahan torang bawa bersama-sama,” kuncinya.

(kan/*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020