Dari 186 Pemda Yang Dievaluasi Kemenpan-RB di Wilayah III, Manado Masuk 9 Kabupaten/Kota Berpredikat BB

Wawali Mor saat menerima penghargaan hasil evaluasi SAKIP oleh Kemenpan-RB dengan predikat BB.

MANADO – Hasil pemeriksaan dan evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 untuk Wilayah III, yang terdiri dari 186 Pemerintah Daerah. Pemerintah Kota Manado masuk 9 besar, kabupaten/kota dengan predikat BB.

Hal itu dibuktikan dengan penyerahan penghargaan SAKIP yang diserahkan langsung oleh Kemenpan-RB Syafruddin dan diterima Walikota Vicky Lumentut melalui Wakil Walikota Mor Bastiaan.

Dalam pemaparan hasil evaluasi untuk Wilayah III, diantaranya Provinsi DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, yang digelar di Ballroom Hotel Four Points, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Diumumkan ada 4 pemda memperoleh predikat ‘A”, yakni Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Sleman, tiga-tiganya dari DIY, serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Data lain, dari 186 pemda di wilayah III, terdapat 1 Kabupaten/Kota dengan predikat ‘D’, 47 Kabupaten/Kota dengan predikat ‘C’, 59 Kabupaten/Kota dengan predikat ‘CC’, 55 Kabupaten/Kota berpredikat ‘B’, 9 Kabupaten/Kota berpedikat ‘BB’, dan 3 Pemerintah Kota yang berpredikat A.

Kemudian untuk data hasil evaluasi SAKIP  pada pemerintah provinsi ditunjukkan dengan seluruh provinsi sudah mendapatkan predikat B ke atas. 8 Pemerintah Provinsi dengan predikat “B”, 1 Pemerintah Provinsi berpredikat “A”, dan 1 Pemerintah Provinsi berpredikat “AA”.

Pemda yang mendapat predikat “BB” yakni, Kabupaten Wonogiri (Jateng), Kabupaten Cilacap (Jateng), Kota Pekalongan (Jateng), Kabupaten Banyumas (Jateng), Kabupaten Gunung Kidul (DIY), Kota Yogyakarta (DIY), Kabupaten Bone Bolango (Gorontalo), Kota Manado (Sulut) serta Kabupaten Banggai (Sulteng).

Dalam kesempatan itu, Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB M. Yusuf Ateh meneranglan bahwa predikat “AA” diberikan kepada peda yang meraih nilai 90 – 100, sedangkan A dengan nilai 80 – 90, “BB” dengan nilai 70 – 80, “B” untuk yang nilainya 60 – 70, “CC” 5dengan nilai 50 – 60, sementara “C’ untuk yang nilainya 30 – 50, sedang yang nilanya kurang dari 30 predikatnya D.

Dari hasil itu, Kota Manado dengan predikat SAKIP ‘BB’ menandakan kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan patut diacungi jempol. Sebab selain sukses mempertahankan capaian SAKIP di tahun 2017, untuk SAKIP 2019 kepada jajaran di Pemkot Manado dimintakan oleh Wawali Mor untuk lebih ditingkatkan maksimal, agar bisa mencapai SAKIP berpredikat A. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020