Dari Tulude Hingga Pejabat Nusa Utara, Prof. Urbanus: Terimakasih Pak Wali Kota, IKISST Siap Dukung

Prof. Urbanus Naharia menerima bendera merah putih di sela-sela prosesi adat Tulude.

MANADO – Tahun 2020 ini sudah tiga kali Pesta Adat Tulude berturut-turut digelar setiap tahun di Kota Manado. Jika sebelumnya pesta adat religius warga Nusa Utara ini hanya digagas internal IKISST (Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro, Talaud) Sulut, tiga tahun berjalan ini ‘diambil alih’ Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) dan dijadikan kalender iven pariwisata kota Manado.

Setelah dijadikan kalender iven, Pemkot lewat Dinas Pariwisata mengemas kegiatan tersebut menjadi Festival Tulude karena masuk salah satu kegiatan pendukung iven akbar Manado Fiesta (Road to Manado Fiesta) tanpa mengurangi nilai-nilai religius dan kebudayaan dari warga Nusa Utara.

“Ini tidak gampang. Kita warga Nusa Utara harus berterima kasih banyak kepada Pak Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Pak Wawali Mor Bastiaan,” kata Ketua IKISST Sulut, Prof . Urbanus Naharia saat membawakan sambutan dalam acara Festival Tulude di lapangan Sparta Tikala, Rabu (5/2/2020) malam.

Kedepan dia meminta Festival Adat Tulude dikemas lebih menarik. Setiap tahun harus ada inovasi disajikan dalam kegiatan ini tapi tetap mengutamakan ciri khas dari Adat Tulude, yakni nilai religious dan budaya warga Nusa Utara.

“Karena Tulude ini sudah menjadi salah satu asset pariwisata Kota Manado dan dilaksanakan setiap tahun maka Warga Nusa Utara yang ada di Manado, dan Sulut umumnya harus mendukung mensukseskan Pesta Adat Tulude ini, seperti yang malam ini sukses dilaksanakan,” tandas Prof. Urbanus, sapaannya.

Arak-arakan kue Tamo dari gereja Sentrum tiba di lapangan Sparta Tikala.

Menurutnya, tak hanya aset budaya warga Nusa Utara yang diperhatikan Wali Kota GSVL. Dia menyinggung sejumlah pejabat asal Nusa Utara yang duduk di kabinet GSVL-Mor di jajaran Pemkot Manado, tak lepas dari perhatian GSVL.

“Mulai dari Pak Mor dipilih Pak Wali Kota sebagai pendamping. Pak Wawali itu juga orang Nusa Utara. Banyak lagi pejabat lain yang duduk di eselon II, III dan kepala dinas yang diperhatikan Pak Wali Kota,” katanya.

Prof. Urbanus berjanji, akan mendukung semua kebijakan GSVL dalam mengemban tugas memajukan Kota Manado. “Sekali lagi terima kasih banyak Pak Wali Kota. IKISST Sulut akan tetap mendukung semua program-program pembangunan Pak Wali Kota,” pungkas Prof. Urbanus. (ant)  

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020