Dekranasda Rayakan HUT ke-38 Dekranas

(Dekranasda Kota Bitung merayakan HUT ke-38 Dekranas)
(Dekranasda Kota Bitung merayakan HUT ke-38 Dekranas)

BITUNG – Walikota Bitung Max J Lomban dan Ketua TP-PKK Kota Bitung, Ny. Khouny Lomban Rawung juga Ketua Dekranasda Kota Bitung bersama Wakil Walikota Maurits Mantiri dan Wakil Ketua TP-PKK, Ny. Rita Mantiri Tangkudung juga Wakil Ketua Dekranasda Kota Bitung merayakan HUT ke-38 Dekranas yang dirangkaikan dengan kegiatan Car Free Day, di depan kantor walikota, Sabtu (10/03/2018).

(Walikota Bitung Max J Lomban memberikan apresiasi kepada Pengurus Dekranasda Kota Bitung)

Ketua Dekranasda Kota Bitung, Ny. Khouny Lomban Rawung dalam laporannya menyampaikan pada perayaan HUT ke-38 Dekranas ini, ada berbagai kegiatan yang diperlombakan yaitu lomba kreasi souvenir pelajar tingkat SD, SMP dan SMA/SMK se Kota Bitung yang menggunakan bahan dasar kelapa dan turunannya, limba kayu dan sampah plastic (daur ulang). Pembimbingan dan pameran kerajinan dari pengrajin pengalaman. Dan perlindungan hak cipta kekayaan intelektual. “Untuk perlindungan hak cipta, yaitu dengan mendaftarkan ke lembaga berkompoten sehingga menjadi hak milik Kota Bitung, seperti kain khas Kota Bitung, makanan pangan Kota Bitung menjadi milik TP-PKK Kota Bitung, serta kerajinan dan kesenian, tarian, budaya. Semua ini untuk mematenkan apa yang menjadi khas Kota Bitung,” ujar Khouny.

Sementara itu, Walikota Bitung Max J Lomban dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Dekranasda Kota Bitung yang merayakan HUT Dekranas secara sederhana tapi memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Bitung. “Perayaan HUT tidak perlu berpesta, cukup dengan kegiatan yang sederhana tapi bermanfaat. Contohnya, saat ini hanya dengan menggelar lomba kreasi souvenir pelajar tingkat SD, SMP, SMA/SMK maka memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk menyalurkan ketrampilan dan bakat di bidang kerajinan yang sangat bermanfaat bagi Kota Bitung,” kata Lomban.

Hal lain yang dapat dipetik dari kegiatan ini kata Lomban, generasi muda kita bisa memanfaatkan segala potensi yang seperti bahan kelapa dan turunannya, limbah kayu serta sampah plastic yang bisa menjadi satu produk menarik dan memiliki nilai jual dengan harga yang terjangkau.

Perayaan yang dirangkaikan dengan kegiatan Car Free Day itu, juga dicanangkan kegiatan HUT WKI KGPM se Indonesia dalam rangka Hari Perempuan Internasional, serta penandatanganan MoU anti narkoba antara BNN, PKK DWP serta organisasi perempuan di Kota Bitung.(***/hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020