Dewan KEK Nasional Sambangi Bitung

(Wali Kota Bitung Max J Lomban saat memaparkan kesiapan KEK Bitung di hadapan Dewan KEK)
(Wali Kota Bitung Max J Lomban saat memaparkan kesiapan KEK Bitung di hadapan Dewan KEK)

 

BITUNG – Wali Kota Bitung Max J Lomban didampingi Sekertaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan menerima kunjungan tim Dewan KEK Nasional di Kantor Administrasi KEK Bitung, Kelurahan Sagerat, Kecamatan Matuari, Kamis (22/02/2018).

Kedatangan tim yang dipimpin Wakil Ketua Dewan KEK Nasional Ir. W. Budi Santoso, bertujuan untuk memantau secara langsung perkembangan KEK Bitung dan memastikan kesiapan operasional KEK Bitung pada Mei mendatang.

Dalam kesempatan itu, Lomban memaparkan berbagai hal yang telah dilakukan Pemerintah Kota Bitung untuk mendukung terealisasinya KEK antara lain percepatan proses pembebasan lahan yang selama ini menjadi kendala dalam pengembangan infrastruktur tersebut. “Kesempatan ini adalah saat yang tepat untuk mendengarkan langsung penjelasan dari Dewan KEK Nasional terkait hal-hal apa yang harus dipersiapkan selanjutnya, sehingga KEK Bitung bisa segera beroperasi mengingat sudah ada beberapa investor yang siap berinvestasi di kawasan ini,” ujar Lomban.

Menanggapi hal tersebut, Budi Santoso mengatakan hasil evaluasi ini akan dirapatkan di tingkat menteri dan akan menjadi bahan laporan, dimana KEK Bitung progresnya sudah ada kemajuan dan bisa meyakinkan Presiden ¬†bahwa KEK ini bisa segera beroperasi jika sudah memenuhi beberapa hal, antara lain tersedianya infrastruktur dan fasilitas sesuai standar prosedur berdirinya kawasan ekonomi khusus, kemudian kelembagaannya dan perangkat pengendalian administrasi yang benar-benar siap. “Jika hal tersebut telah terpenuhi, saya yakin pada bulan Mei nanti KEK Bitung bisa beroperasi, sehingga momentum kedatangan pak Presiden yang dijadwalkan pada Agustus nanti menjadi waktu yang tepat untuk dideklarasikannya beroperasinya KEK Bitung,” jelas Budi didampingi Sekertaris Dewan KEK Nasional Enoh Suharto.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan diskusi aktif antara Dewan KEK Nasional bersama Pemkot Bitung, para investor, untuk membahas berbagai hal teknis terkait kesiapan operasional KEK Bitung yang dijadwalkan pengoperasiannya pada Mei mendatang.

Turut dihadir dalam pertemuan tersebut perwakilan Kementrian Perekonomian RI, para pejabat lingkup Pemkot Bitung serta instansi terkait lainnya.(hry)