IKLAN

Di Boltim 48 Pemilih Telah Meninggal Dunia dan 217 Pemilih Ganda Masuk DPT


 

KPU Bolmong Timur. (f-yoan/manadoline)

KPU Bolmong Timur. (f-yoan/manadoline)

BOLTIM – Pasca diumumkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berjumlah 52.329 pemilih oleh KPU Boltim, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menemukan 48 pemilih telah meninggal dunia masuk DPT.

“Dalam audit kami (panwaslu) menemukan masih terdapat pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) dalam DPT. Temuan itu pemilih ganda 217 orang, meninggal dunia 48 orang, pemilih pindah domisili 97 orang serta berubah status menjadi TNI/Polri satu orang. Juga pemilih fiktif 18 orang,” jelas Ketua Panwaslu, Billy Kawuwung, Senin (9/11).

Atas temuan tersebut, Panwaslu merekomendasikan ke KPU Boltim sebagai pelanggaran administrasi untuk segera dicoret dari DPT. “Panwaslu juga menghimbau kepada pasangan calon untuk mengerahkan seluruh tim suksesnya hingga ke tingkat desa untuk memastikan pemilih yang TMS dicoret PPS.

Sementara itu Komisioner KPU Abdul Kader Bachmid mengatakan pihaknya belum menerima rekomendasi tersebut. Namun pihaknya siap untuk menelusuri temuan pemilih TMS tersebut. “DPT bisa dirubah tergantung rekomendasi panwas. Asalkan buktinya otentik sesuai pembuktian di lapangan,” ujar Bachmid. (yoan)

IKLAN
loading...