IKLAN

Di Hari Proklamasi, Empat Warga Binaan Rutan Kotamobagu Terima Remisi Bebas


 

Rumah Tahanan Negara (Rutan)  Klas IIB Kotamobagu. (f-yoan/manadoline)

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Kotamobagu. (f-yoan/manadoline)

KOTAMOBAGU – Di momen perayaan Proklamasi Kemerdekaan ke-70, ratusan warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Kotamobagu menerima pengurangan hukuman (remisi).

Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan (Kasubsi Yantan) Acip Rasidi, mengatakan 134 warga binaan yang menerima remisi tahun ini. “Empat warga binaan langsung bebar setelah menerima remisi tersebut,” ujar Acip, Kamis (19/8).

Masih menurutnya, pemberian remisi itu patut disyukuri para warga binaan. Apalagi, empat di antaranya sudah bisa kembali berkumpul bersama keluarga dan kembali ke tengah masyarakat. “Yang kita usulkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM) untuk mendapatkan remisi sebenarnya lebih dari itu.

Namun tidak semuanya diakomodir. Tetapi, kita tetap bersyukur sebab masih ada ratusan yang mendapat remisi,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Rutan Kotamobagu Amry Langkamane Bc.IP SPd, menjelaskan saat ini di rutan yang dipimpinnya terdapat 302 warga binaan. Ini sudah melebihi kapasitas tampung rutan yang hanya mencapai 193 orang. Selain itu, kondisi bangunan rutan sudah cukup tua.

“Meski mengalami over kapasitas, namun pelayanan dan pembinaan warga binaan tetap berjalan dengan baik hingga saat ini. Kita tetap meningkatkan tugas dan fungsi sebagai pendidik warga binaan yang sedang menjalani hukuman dengan sarana dan prasarana yang ada,” tegas Amry. (yoan)

IKLAN
loading...