IKLAN

Dibuktikan Uji Coba Aplikasi Qlue, Camat di Manado Belum Maksimal Dukung Smart City


Laporan warga Manado di aplikasi Qlue yang belum ditindaklanjuti. (foto bawah): model aplikasi Qlue yang bisa diunduh di smartphone berbasis android

Laporan warga Manado di aplikasi Qlue yang belum ditindaklanjuti.
(foto bawah): model aplikasi Qlue yang bisa diunduh di smartphone berbasis android

MANADO – Di tengah Wali Kota, GS Vicky Lumentut dan Wawali Manado, Mor Bastiaan (GSVL-MOR) berpacu secara marathon menjadikan Kota Manado lebih baik menuju program Smart City, justru ASN (Apartur Sipil Negara) bawahan di lingkungan Pemkot Manado kurang maksimal mendukung program Cerdas tersebut.

Entah kurang paham atau sengaja, tapi itu terlihat dalam uji coba program kanal pengaduan lewat aplikasi Qlue yang belum lama ini diberlakukan Pemkot Manado.

Lewat aplikasi Qlue ini, masyarakat Kota Manado bisa melaporkan apa saja yang terjadi di wilayahnya lewat Qlue yang diunduh dengan Smartphone berbasis android.

Laporan warga yang diakses langsung Wali Kota dan Wawali selanjutnya ditindaklanjuti oleh pemerintah setempat di wilayah masing-masing.

Pasca uji coba di Pemkot Manado, sedikitnya sudah ada 20 laporan warga terkait kondisi drainase dan masalah sampah. Sayangnya, itu belum ditindaklanjuti oleh pemerintah di wilayah masing-masing padahal sudah diwajibkan semua ASN, terutama para Camat untuk mengunduh aplikasi Qlue tersebut.

Dinas Kominfo yang menjadi sentral aplikasi pengoperasian aplikasi Qlue menuju Kota Smart City membenarkan laporan masalah drainase dan sampah itu hingga minggu ini masih berstatus merah.

“Kalau merahnya sudah berubah hijau dalam aplikasi Qlue berarti laporan warga itu sudah ditindaklanjuti. Mungkin aplikasi ini masih taraf uji coba yah, nanti akan disosialisasikan lagi,” tandas Kadis Kominfo, Hanny Waworuntu.

Sekadar diketahuiu, Qlue adalah aplikasi yang dibuat untuk menjadi jembatan antara warga dan pemerintah bertujuan membangun Kota Manado agar lebih baik lagi. Dengan aplikasi ini warga Manado bisa bebas menyampaikan keluhan tentang apa yang tidak wajar di kota Manado kepada pemerintah yang langsung diakses Wali Kota-Wawali GSVL-MOR. (antoreppy)

IKLAN
loading...