Digelar di Tiga Lokasi, Lomban: Apresiasi Bagi Petani Milenial

BITUNG – Walikota Maximiliaan Jonas Lomban lakukan penanaman perdana di kebun petani milenial yang digelar di 3 lokasi sekaligus. Penanaman bibit baritos dan umbi-umbian itu dalam dalam rangka menunjang ketahanan pangan Kota Bitung di tengah pandemi Covid-19, Jumat (24/04/2020).

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban memberikan apresiasi kepada anak-anak muda (Petani Milenial, red), yang punya inisiatif untuk melakukan hal yang baik ini. “Terimakasih buat para anak muda yang mau melakukan hal ini. Tadi malam Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam pidatonya, mengajak kepada jajaran Kemenhan maupun partai politik yang dipimpinya, untuk melakukan penanaman baritos maupun umbi-umbian, untuk mengantisipasi pandemi Covid-19 yang berkepanjangan,” ungkap Lomban sekaligus menyerahkan bantuan alat penanam jagung serta bibit yang disiapkan oleh Dinas Pertanian.

Pemerintah Kota Bitung, menurut Lomban, sudah mencanangkan hal ini sejak tiga minggu yang lalu, tepatnya sejak awal April. Dimulai dari Pemkot Bitung, Polres, Kodim dan Yanmarhanlan VIII Bitung. “Kedepan program ini akan diikuti oleh 69 Kelurahan di Kota Bitung. Saya juga berharap, masyarakat yang mempunyai lahan, agar dapat memanfatkan untuk ditanam baritos dan umbi-umbian,” ujar Lomban.

Sementara itu, Ketua Petani Milenial Kota Bitung Henry Roy Somba mengatakan, penanaman perdana di kebun petani milenial Kota Bitung yang dilaksanakan di 3 tempat yaitu Nando Farm Kelurahan Pinangunian, milik petani milenial Willy Kaunang, Mahda Farm Kelurahan Kakenturan milik Mahdalena Tinamberan, ST dan Rudy Farm milik Rudy Rombot, ST. “Ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan studi tiru petani milenial Bitung yang telah dilaksanakan di Jawa Timur pada bulan Maret 2020,” tuturnya.

Penanaman di 3 lokasi ini juga, menandai dimulainya kegiatan penanaman di kebun-kebun petani milenial lainnya, yang tersebar di 13 titik yang ada di Kota Bitung. Kedepan petani milenial akan dipersiapkan untuk menjadi pengusaha muda dibidang pertanian (young agropreneur) yang melakukan usaha agribisnis dari hulu (budidaya) hingga ke hilir (pemasaran online).

Hadir dalam kegiatan ini, Asisten II Jefry Wowiling, Kadis Kominfo Frangky Sondakh, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Sony Wenas, dan Kabag Protokol dan Kompi Albert Sergius.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020