Dinas Koperasi dan UMKM Bitung Gelar Pelatihan Manajemen Pengkoperasian

BITUNG – Pelatihan Manajemen Pengkoperasian dan Manajemen Akuntansi yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UMKM (DKUMKM) Pemkot Bitung bertempat di BPU kantor walikota, dibuka secara resmi Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban (MJL), Kamis (25/06/2020).

Dalam laporan Kepala DKUMKM Pemkot Bitung Anneke Tumbelaka menyebutkan, kegiatan ini diikuti sekira 30 orang pengurus/pengelola koperasi se Kota Bitung dan akan berlangsung selama 4 hari, 25 – 28 Juni 2020, di Hotel Nalendra Bitung. “Peserta akan menggunakan metode pelatihan langsung dan virtual dengan pemateri dari DKUMKM Provinsi Sulut dan Kota Bitung yang telah bersertifikat,” ungkap Tumbelaka.

Ditambahkan, tujuan kegiatan ini adalah menciptakan pengurus koperasi yang mampu bersaing dan berkualitas dalam manajemen pengelolaan administrasi dan keuangan serta pengembangan usaha produksi pertanian pangan, holtikultura, peternakan, perindustrian, kerajinan, pertambangan, pariwisata dan aneka usaha jasa lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban dalam sambutannya menekankan pentingnya 4 hal bagi kemajuan Koperasi dan UMKM, antara lain planning, organizing, aktualizing dan controlling. “Setiap pengurus wajib menguasai 4 hal ini, agar koperasi dan UMKM yang dikelolanya boleh maju dan berkembang. Selain keempat hal ini, kesatuan dan persatuan dalam organisasi sangat penting, sehingga semua rencana dan usaha terus berjalan lancar dan sukses,” ujar Lomban.

Ia berharap, selesai pelatihan ini, para pengurus akan ahli dalam manajemen dan akuntasi keuangan koperasi sehingga semua laporan usaha koperasi akuntable dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. “Hal ini akan memberikan kepercayaan kepada pemerintah atau pihak lainnya yang akan memberikan bantuan atau bekerjasama dengan koperasi tersebut,” tandas Lomban.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020