Dipimpin Billy Lombok, Komisi 4 Turlap ke Bandara Sam Ratulangi dan RSUP Kandou, Sulut Masih Aman Dari Virus Corona

Komisi 4 saat berada di Bandara Sam Ratulangi.

Komisi 4 saat melihat langsung tempat pendeteksi virus di Bandara Sam Ratulangi.

MANADO-Untuk mengantisipasi keresahan yang terjadi ditengah masyarakat Sulawesi Utara, terkait virus corona. DPRD Sulut dalam hal ini Komisi 4 membidangi Kesejahtraan Rakyat (Kesra), Selasa (28/1/2020) memanggil Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata Provinsi Sulut.

Komisi 4 saat hearing dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata

Rapat Dengar Pendapat (RDP) ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi 4 Careig N Runtu dan dihadiri koordinator Komisi 4 yakni Wakil Ketua Dewan Billy Lombok serta anggota Komisi Melky J Pangemanan, Richard Sualang, Nursiwin Dunggio, Melisa Gerungan.

Dari penjelasan Kadis Kesehatan Debie Kalalo jika di Sulut belum ada warga yang terdeteksi terkena virus corona, termasuk yang sedang dalam perawatan di RSUP Kandou.

Kalalo pun mengakui bahwa sampai saat ini belum ada laboratorium yang dimiliki pemerintah maupun RSUP kandou untuk mendeteksi virus corona.

“Anggaran pembuatan labnya bisa sampai ratusan miliar,”tegas Kalalo.

Penjelasan Kalalo ini ditanggapi serius oleh Wakil Ketua Dewan Billy Lombok. Lombok mengingatkan Kalalo jangan dulu pesimis harus berpikir positif.

“Sedangkan KPU dan Bawaslu bisa anggarkan ratusan miliar untuk Pilkada pada bulan September 2020. Maka Dinas Kesehatan juga bisa. Jika ada kasus urgen maka perlu ada terobosan hukum yg dilakukan pemerintah,”jelas Lombok.

Lombok pun berharap karena belum adanya warga Sulut maupun turis China yang masuk Sulut terdeteksi virus corona, masyarakat jangan panik berlebihan.

Hal yang sama juga diungkapkan anggota dewan Melky J Pangemanan dan Richard Sualang. Bahwa warga Sulut jangan panik, karena kejadian ini terjadi diluar Sulut meskipun tetap waspada.

“Serahkanlah kepada pemerintah soal penanganannya. Kami menilai penanganan untuk mengantisipasi virus corona sudah sangat maksimal, dilakukan oleh pemerintah,”tukas Pangemanan dan Sualang.

Usai melakukan RDP bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata, Komisi 4 melakukan sidak ke Bandara Sam Ratulangi dan RSUP Kandou.

Dari penjelasan Kepala Seksi Karantina dari KPP Fifie F Polak di Bandara Sam Ratulangi jika sampai hari ini belum ada warga Sulut maupun turis yang masuk terdeteksi virus corona. Begitu juga di RSUP Kandou belum ada pasien yang terkena virus corona. (mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020