Dirjen Otda Akmal Malik Yakin Sikap Netralitas ASN Pemkot Bitung

BITUNG – Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Akmal Malik, menghadiri sosialisasi dan konsultasi bagi ASN Pemkot Bitung dalam menghadapi Pilkada serentak tahun 2020. Kegiatan yang digelar di BPU kantor walikota, dibuka Wali Kota Bitung, Maximiliaan Jonas Lomban, Jumat (13/03/2020).

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban menyampaikan terimakasihnya atas respon dan kehadiran dari Dirjen Otonomi Daerah untuk menyampaikan sosialisasi kepada 3.088 perangkat ASN dilingkungan Pemkot Bitung dengan Tema “Mewujudkan Pilkada Demokratis dan Berkualitas di Kota Bitung”.

Pada kesempatan itu, Lomban memaparkan gambaran umum kondisi Kota Bitung mulai dari kondisi wilayah, kondisi demografi, kondisi kepegawaian, kondisi politik serta kondisi makro dan potensi yang dimiliki daerah ini.

Sementara itu, Dirjen Otda Akmal Malik turut menyampaikan salam dari Mendagri Tito Karnavian kepada pemerintah dan seluruh perangkat ASN Pemkot Bitung serta mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Bitung yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi ini.

Dikatakan Akmal Malik, dalam rangka menghadapi Pilkada 2020 nanti, satu hal yang wajib dimiliki oleh seorang ASN adalah sikap netral. Netralitas yang dimaksud ialah tidak menggunakan kewenangan, kuasa/jabatan demi kepentingan politik atau paslon tertentu. Ia menghimbau kepada para ASN yang dipercayakan untuk memegang suatu jabatan agar amanah dan bertanggungjawab, serta meletakan jabatan diatas kepentingan politik.

Pria asal Sumatera Barat itu juga berharap agar masyarakat dapat mempercayai netralitas ASN. Karena menurutnya kecurigaan atau kekhawatiran terhadap netralitas ASN yang justru akan mempengaruhi hasil Pilkada. “Oleh sebab itu ASN tidak boleh menggunakan aset-aset negara yang telah dipercayakan untuk kepentingan kontestasi Pilkada demi mengurangi kecurigaan atau kekhawatiran masyarakat terhadap ASN. Tapi secara pribadi sebagai Dirjen Otonomi Daerah percaya dan tidak khawatir dengan netralitas yang dimiliki oleh ASN Pemkot Bitung,” tandas Malik.

Turut hadir Sekda Kota Bitung, Ketua TP-PKK Kota Bitung, Ketua DWP Kota Bitung, para Asisten, pejabat instansi vertikal, perwakilan forkopimda, kepala perangkat daerah dan seluruh ASN Pemkot Bitung.(*)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020