Diserang Hacker, UNBK SMK N 1 Ratahan Tetap Berjalan

RATAHAN — Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ratahan telah selesai. Seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 273 telah mengikuti dan menyelesaikan ujian empat mata pelajaran dengan baik.
Namun menurut Kepala Sekolah SMK N 1 Ratahan Tenny Ohy mengungkapkan, pada hari terakhir UNBK, Kamis (6/4/2017), sempat terjadi masalah pada server yang akan dipakai siswa untuk ujian karena diserang hacker atau peretas.
“Untunglah ujian belum dimulai, pada saat server akan dipasang teknisi kami melihat ada yang aneh, dan setelah dilihat lebih jauh ternyata sudah disusupi oleh hacker,” kata Ohy.
Dirinya menyebut, serangan hacker sudah biasa terjadi dan SMK N 1 Ratahan sudah mengantisipasinya dengan server cadangan.
“Server kami sebenarnya ada lima, namun tiga yang kami yang berfungsi baik. Jadi ketika ada serangan hacker kami masih ada dua cadangan,” ujar Ohy.
Dan secara keseluruhan ujian di SMK N 1 Ratahan telah berjalan sukses, seperti yang dikatakan sejumlah siswa.
“Saya merasa tak ada kendala yang dihadapi saat mengikuti ujian, karena telah mempersiapkan diri dengan baik,” kata Ismail Ano siswa Jurusan Keperawatan.
Sementara itu, Gresia Wanta menuturkan telah mengikuti ujian tanpa beban, karena telah mempersiapkan diri dengan belajar dengan giat.
“Tidak merasa gugup dan seperti tak ada beban saat mengikuti ujian, karena ada proses panjang yang telah kami lalui seperti ujian tryout,” ujar Wanta didampingi Valentsia. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020