Dispora Gelar Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Atasi Pengangguran di Kota Manado

Kadispora Manado, Laurens Umboh

MANADO – Tak hanya peningkatan prestasi olahraga menjadi focus Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Manado, namun kemandirian pemuda di Kota Manado untuk berwirausaha ikut menjadi program Dispora.

“Kegiatan ini tak lain untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kota Manado. Makanya Dispora melaksanakan pelatihan kewirausahaan pemuda Manado sebagaimana program Wali Kota Pak GS Vicky Lumentut dan Wawali Pak Mor Bastiaan,” jelas Kadispora Manado, Laurens Umboh.

Dispora melaksanakaan pelatihan kewirausahaan bagi pemuda di Manado karena melihat jumlah pengangguran cukup tinggi dibanding lapangan pekerjaan yang terbatas. “Data yang kami terima, jumlah pengangguran kalangan pemuda masih cukup tinggi. Ini perlu perhatian serius pemerintah agar tidak menimbulkan dampak sosial,” ujar Umboh.

Pelatihan kewirausahaan pemuda dilaksanakan Senin (8/4/2019) di Gedung Youth Center Kawasan Megamas. Metode pelatihan, ditambahkan Kabid Pemuda Dispora Manado, Viktor Singal, yakni ceramah dan tanya jawab, diskusi kelompok, curah pendapat hingga praktek lapangan.

Sedikitnya ada 30-an peserta ikut dalam pelatihan Kewirausahaan Pemuda ini. Masing-masing keterwakilan dari berbagai OKP (Organisasi Kepemudaan) di Kota Manado. “Ada KNPI, pemuda GMIM, GMKI, GAMKI, HMI dan KAMMI. Mereka semua kami libatkan agar bisa mensosialisasikan ke generasi muda lainnya untuk bisa mandiri dalam berwirausaha,” pungkas Singal. #88

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020