Dispora Gelar Pelatihan Pelatih Dasar Atletik, Ini Pesan Wali Kota GSVL

MANADO – Meskipun berbakat namun seorang atlet tidak akan mengukir prestasi gemilang jika tidak digembleng, dibina dan diarahkan terus secara berkesinambungan oleh seorang pelatih yang matang.

Bak gaung bersambut, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Manado pun langsung menggagas kegiatan pelatihan dasar bagi para pelatih, khusus cabang olahraga atletik di Kota Manado. 

“Ini juga salah satu program pak Wali Kota Manado. Beliau menginginkan para atlet Manado tidak hanya dibina tapi harus terus berprestasi untuk daerah. Makanya kami harus menggelar kegiatan ini khusus cabor atletik,” kata Kadispora Manado, Laurens Umboh mewakili Wali Kota, GS Vicky Lumentut (GSVL) saat membuka pelatihan tersebut di Hotel Whiz Prime, kawasan Megamas, Selasa (21/5/2019).

Diakui GSVL, pelatih merupakan hal vital dalam pembangunan dunia olahraga. Pelatih mampu membentuk displin, mental sportivitas, karakter juang dan mampu mengeluarkan potensi terbaik atlet binaannya. 

“Pelatih yang baik seorang yang mampu memahami, memotivasi dan mendampingi atlet didikannya baik di waktu latihan maupun saat di gelanggang pertandingan,” ujar Umboh mengutip sambuatan Wali Kota GSVL.

Kecuali itu, menurut GSVL, seorang pelatih juga dapat memberikan pegangan dan teladan melalui sikap, sifat dan perbuatan. Ini bisa membuat atlet binaannya bukan saja dapat mengolah potensi terbaik untuk meraih pencapaian tertingginya tapi juga mampu mengembangkan kematangan diri lewat latihan dan pertandingan.

Kadispora Manado, Laurens Umboh mewakil Wali Kota GS Vicky Lumentut membuka kegiatan Pelatihan Pelatih Dasar Atletik di sebuah hotel kawasan Megamas, Selasa (21/5/2018).

“Dengan begitu, atlet dapat mewarisi tongkat estafet kepelatihan untuk generasi mendatang dengan menggunakan teladan sang pelatih,” kata Umboh.

GSVL berpesan, melalui kegiatan-kegiatan seperti ini dalam rangka pembangunan masyarakat melalui bidang olahraga, sudah menjadi kebutuhan warga Manado untuk mencetak tenaga pelatih yang berkompeten, profesional dan berdedikan bagi pengembangan olahraga di Kota Manado. 

“Jadi perlu ada pelatihan tenaga pelatih olahraga untuk memastikan kualitasi tenaga pelatih terjaga dengan baik. Saya menyambut dengan baik kegiatan pelatihan ini,” katanya.

Wali Kota berharap peserta pelatihan agar mengikuti dengan baik kegiatan tersebut. Sebab, para peserta pelatihan telah mengemban panggilan mulia untuk memajukan dunia olahraga melalui peran sebagai pelatih olahraga, baik untuk olahraga berprestasi maupun untuk keperluan pendidikan olahraga di sekolah.

“Semoga dari pelatihan ini saudara-saudara dapat memperolah pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan sebagai pelatih olahraga dan semakin berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi dunia olahraga di Kota Manado,” pungkas Umboh mengakhiri sambutan Wali Kota GSVL. #88


IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020