Dispora Manado Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Puluhan Pengurus OSIS SMA/SMK

MANADO – Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pemuda dan Olaraga menggelar pelatihan jurnalistik bagi pengurus OSIS SMA/SMK se-Kota Manado. Kegiatan ini digelar selama dua hari, dimulai Jumat 31 Mei sampai 1 Juni 2019, yang bertempat di gedung Youth Center, Kawasan Megamas Manado.

Dalam kesempatan itu, Walikota Manado dalam membawakan sambutan yang diwakili Kepala Bidang Kepemudan Dispora, Victor Singal, mengatakan Smart city Begins with smart people atau membangun kota cerdas dimulai dari mencerdaskan masyarakatnya. Salah satunya, melalui keterbukaan informasi yang dilakukan melalui media baik itu cetak maupun online, yang berimbang dan menyajikan informasi yang aktual dan factual. Serta tidak biasa oleh kepentingan sepihak dan bukan hoaks.

Lanjut dikatakan, sesungguhnya dunia jurnalistik menawarkan berbagai profesi yang layak menjadi lahan penghidupan. Misalnya wartawan, fotografer, editor, dan sebagainya. Peluang meniti karir pun terbuka dari wartawan bisa meraih posisi redaktur. Diluar itu, dunia jurnalistik menawarkan kerja keras dan ritme kerja yang cepat. Namun demikian hal itu bukanlah penghambat bagi siapa yang punya etos kerja yang baik

“Perkait dengan keberadaan dunia jurnalistik di Kota Manado, saya memandang ada potensi yang dapat dikembangkan. Sala satunya dapat menjadi pilihan profesi masyarakat, yang sudah tidak asing dengan surat kabar. Lainnya, menyediakan ruang bagi pengembangan dunia jurnalistik di kota Manado dengan menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, agar menghasilkan karya jurnalistik yang bermutu,” ujar Kabid Vicktor Singal saat membawakan sambutan mewakili Kepala Dinas.

Narasumber saat membawakan materi

Sambungnya, atas nama Walikota turut menyambut baik pelatihan jurnalistik bagi pemuda pengurus OSIS SMA/SMK se-Kota Manado. Sebab, sudah sepatutnya menumbuhkan minat dan kesadaran akan pentingnya jurnalistik di kalangan generasi muda.

“Sedikit tips dari saya mengenai jurnalistik, para peserta pelatihan dapat membaca buku sembilan elemen jurnalisme yang disusun oleh Bill Kovach. Yang kemudian di sampaikan sempurnakan menjadi 10 elemen jurnalisme bersama Tom Rosenstiel. Kedua buku tersebut cukup untuk menjelaskan kredibilitas wartawan seperti apa,” tuturnya.

Tambahnya, turut menjadi harapan dari pelatihan ini, bahwa kaum muda Kota Manado dapat menemukan cara pandang baru terhadap dunia jurnalistik. Yakni, melalui jurnalistik kaum muda Kota Manado dapat memiliki pekerjaan dan yang lebih penting lagi melalui profesi tersebut, ada kemajuan yang dapat disumbangkan bagi peradaban manusia.

Selain pihak Dispora, ada juga terlihat beberapa narasumber atau pembawa materi dalam kegitan tersebut diantaranya Vouke Lontaan, yg juga selaku Ketua PWI Sulut, dan narasumber lainnya. (swb).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020