Ditangan GSVL-MOR, Manado Tembus 30 Besar Kota Cerdas Penilaian RKCI

Tampak Walikota GSVL, Wawali Mor didampingi Plt Sekkot Rum Usulu dan Kadis Kominfo Erwin Kontu saat bertukar ilmu terkait standar penilaian RKCI bersama Tim Penilai dari ITB, Senin (14/8).

MANADO – Komitmen membangun Kota Cerdas yang diusung Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan (Mor), perlahan membuahkan hasil. Tidak tanggung-tanggung, kurang lebih baru setahun memulai program Kota Cerdas, Manado sudah berhasil lulus nominasi 30 besar Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) tahun 2017.

Hal ini terbukti melalui kunjungan Tim Penilai dari Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait RKCI, disambut dengan senang hati oleh Walikota GSVL dan Wawali Mor didampingi Plt Sekretaris Daerah Drs Rum Usulu dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkot Manado Erwin Kontu di ruang Cerdas Command Center (C3) Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Senin (14/8).

Nah, dalam pemaparan Tim Penilai ITB, dari jumlah 93 Kota se-Indonesia yang mengikuti seleksi RKCI, terisa 30 besar nominasi yang masuk dalam daftar RKCI tahun 2017, salah satunya Kota Manado.

“Dalam penilaian Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) yang diikuti 93 kota se-Indonesia, Manado merupakan salah satu yang berhasil tembus nominasi 30 besar Kota Cerdas. Sebelumnya, diadakan proses penilaian, kemudian diputuskan mana yang layak dan pantas masuk nominasi 30 besar, dilihat dari hasil pengukuran kinerja yang datanya sudah diolah oleh Tim Penilai,” papar Tim Penilai.

Sementara, Walikota GSVL mengungkapkan turut memberikan  apresiasi kepada RKCI yang telah melakukan pengukuran kinerja dan pengelolaan data kota, sehingga Manado lolos menjadi 30 besar dari 93 Kota peserta yang dinilai.

“Dengan adanya RKCI maka bisa mengenalkan ukuran kematangan Kota Cerdas seperti apa, untuk kedepan dijadikan pedoman bagi kita selaku Pemerintah Kota. Tujuannya, agar dalam membangun sistem, kebijakan serta kaidah pelayanan di Kota Manado selalu ada patokan untuk dilakukan evaluasi berkelanjutan, demi hasil yang lebih baik,” tukas Walikota GSVL.

Sambungnya, gambaran umum program Smart City di Kota Manado kepada tim Penilai, untuk kondisi saat ini Kota Manado sedang berbenah melakukan pengembangan, serta inovasi dalam berbagai aplikasi yang terdapat dalam 9 Smart Solution. Diantaranya, Qlue Manado, e-Gol, TauPang, si Tasya, Lapor Manado, RICCA, si Gita, Kanal Resmi Pemerintah Kota Manado, dan Radio Komunikasi Gagak.

Sementara, Wawali Mor dalam kesempatan itu menjelaskan Manado sebagai Kota Cerdas lewat C3 bertujuan untuk menyikapi permasalahan kota. Tujuannya, misi membangun Kota Cerdas agar masyarakat manado bisa hidup nyaman, bahagia, dan sejahtera lewat tata kelola manajemen di dalam C3 dan aplikasi yang terdapat didalamnya. (sten).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020