Djelly Waruis Upayakan Olahraga Rekreasi Dapat Berkembang di Mitra

Kadis Pemuda dan Olahraga Mitra Djelly Waruis SPt MM.

RATAHAN — Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Minahasa Tenggara (Mitra) yang dipimpin Kepala Dinas (Kadis) Djelly Waruis SPt MM, telah merencanakan mengembangkan olahraga rekreasi dalam bentuk olahraga tradisional.

Waruis menjelaskan, di Tahun 2020 ini Dispora masih akan menggali olahraga tradisional apa saja yang bisa di kembangkan di Mitra.

“Selain Pekan Olahraga Nasional atau PON, ada juga Potradnas atau Pekan Olahraga Tradisional, yang di selenggarakan setiap dua tahun sekali. Khusus di Minahasa Tenggara, kami masih akan menggali dan mengembangkan olahraga rekreasi tersebut,” kata Waruis, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya, olahraga rekreasi juga diamanatkan oleh undang-undang untuk dikembangkan. “Jadi sesuai amanat undang-undang nomor tiga tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional untuk olahraga ada tiga yakni Olahraga Pendidikan, Rekreasi dan Prestasi. Untuk olahraga tradisional masuk dalam olahraga rekreasi, maka kami juga akan mengupayakan hal tersebut,” jelas Waruis.

Lanjut, untuk kegiatan olahraga tradisional tersebut menurutnya sudah dimasukkan dalam rencana awal 2021 di Dispora Mitra, agar bisa melaksanakan kegiatan olahraga rekreasi tersebut di 2021 nanti.

“Oleh karena itu, di 2020 ini kami akan mencoba mengenalkan olahraga rekreasi dalam bentuk olah raga tradisional kepada masyarakat. Agar masyarakat bisa lebih mengenal olahraga tradisional yang akan dilombakan,” terangnya.

Ditambahkan, olahraga rekreasi tersebut bukan saja untuk dilombakan, namun intinya untuk membuat masyarakat bisa lebih banyak berolahraga.

“Juga mempererat rasa persatuan di masyarakat. Selain itu jika sudah berkembang, maka bisa menarik para wisatawan yang akan berkunjung ke Minahasa Tenggara,” tambahnya. (rfs)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020