DPRD Sangihe Miliki 5 Fraksi, Minus Gerindra dan Hanura

Kantor DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Tahuna- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sangihe, Kamis (19/09) melaksanakan pembahasan dua agenda yakni pembentukan fraksi dan agenda pembacaan usulan pimpinan defintiv.

Hal ini dibenarkan ketua DPRD Kabupaten Sangihe sementara, Josephus Kakondo BAE usai melaksanakan rapat pembahasan. Dikatakannya, untuk saat ini sudah terbentuk 5 fraksi di DPRD Kabupaten Sangihe minus dua
partai yakni Gerindra dan Hanura.

“Jadi tadi sudah di bacakan usulan pimpinan defintiv oleh Sekertaris Dewan (Sekwan) dan juga pembacaan Fraksi. Untuk fraksi di DPRD Kabupaten Sangihe sudah di pastikan ada 5 Fraksi dan itu masih menuggu dua partai yakni Gerindra dan Hanura karena belum menentukan sikap akan ke mana arahnya. Karena kalau dua partai itu menyatu aka nada 6 fraksi di DPRD Sangihe,” ujar Kakondo.

Sementara itu salah satu anggota DPRD, Max Pangimaneng di temui terpisah mengatakan untuk penetapan fraksi sebenarnya pada awal pembicaraan Partai Gerindra akan bersama Hanura.

“Terkait dengan perubahan konsekwensi kerjasama penggabungan, tadi pagi (kamis) ada perubahan lagi. Yang awalnya Gerindra bersama Hanura, tetapi setelah kami komunikasi perkembangan lanjut, Hanura
menarik diri dari penggabungan bersama Gerindra. Oleh karaena itu terjadi perbedaan pembatalan penggabungan Fraksi, maka Hanura akan menggabungkan dengan partai lain dan Gerindra akan menentukan sikap untuk bergabung dengan partai mana yang tepat. Yang pasti kami sebagai kader akan menunggu petunjuk dari Provinsi,” ujarnya.

Berbeda hal nya dengan Hasbulah Lawendatu anggota DPRD dari Partai Hanura di temui mengatakan, soal mekanisme usulan fraksi itu merupakan kewenangan dari DPP.

“Jadi usulan fraksi itu dari DPP Surat Keputusan (SK)-nya dan kami masih menunggu dan sampai hari ini belum ada,” kata Hasbula.

Untuk di ketahui saat ini usulan pimpinan definitive dari partai yang memiliki suara terbanyak pada Pemilu lalu sudah di kantongi, dimana untuk kursi ketua DPRD dari Golkar jatuh kepada Josephus Kakondo BAE, wakil ketua Ferdy Sondakh dari PDIP dan wakil ketua Michael Tungari dari partai Nasdem. Sedangkan untuk ketua- ketua Fraksi masing-masing,  PDIP Maxiver Lombo, Golkar Irene Gaghana, Nasdem Paulus Rizal Makagansa, Berkarya Yunita Harimisa dan Persatuan Demokrat (PKPI dan Demokrat)  ketua fraksi Dalmasius Saletia. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020