Dua Irigasi Dirusak, Tuuk: Silangen Gagal Total Awasi Aset Pemprov

MANADO-Pengrusakan dua Irigasi milik Pemerintah Provinsi Sulut di Desa Bolangat Timur, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolmong oleh PT Kasih Karunia Indah ( KKI), terus membuat masyarakat resah.

Jems Tuuk.

Pasalnya, areal persawahan sekira 10 hektare yang dulunya ditanami padi oleh masyarakat, kini terancam tidak berproduksi lagi. Bahkan masyarakat yang ada di Desa Bolangat pun terancam kehilangan mata pencaharian.

Dua irigasi masing-masing yang dibangun tahun 1996 dengan menelan anggaran APBD sekira Rp9 miliar dan tahun 2015 anggaran Rp3,2 miliar  tak berguna. Akibat lahan persawahan tersebut tidak dialiri air lagi.

Anggota DPRD Sulut, Jems Tuuk dengan tegas menyatakan,  pemerintah telah gagal dalam memilihara sekaligus mempertahankan aset daerah.  Tuuk mengakui  Edwin Silangen, Sekretaris Pemprov Sulut gagal total.

“Saya menilai Pak Sekprov  gagal dalam mengawasi anak buahnya,” aku Tuuk. Dikatakannya, seharusnya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut sebagai instansi terkait mestinya prihatin dengan kondisi irigasi yang ada di Bolangat.

” Dinas PU Provinsi Sulut tidur. Sudah dua tahun PT. KKI rusak irigasi, kemana aja mereka,” tutup personil Komisi I bidang Pemerintahan ini. (mom)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020