IKLAN

Dugaan Korupsi TPAPD, Mantan Bupati Bolmong Akan Resmi Terdakwa


Marlina Moha Siahaan. (foto:ist)

Marlina Moha Siahaan. (foto:ist)

MANADO – Hari ini, Kamis (04/02), MMS alias Marlina akan resmi jadi terdakwa atas keterlibatannya dalam kasus dugaan korupsi dana Tunjangan Pendapatan Aparatur Pemerintahan Desa (TPAPD).

Hal itu sebagaimana yang dibeberkan pihak Pengadilan Negeri (PN) Manado melalui Panmud Pidsus Marthen Mendila SH di ruang kerjanya, Rabut (3/2) kemarin. “Marlina akan disidangkan tanggal 4. Sudah ditetapkan hakimnya, pak Darius Naftali” beber Mendila.

Diketahui, keterlibatan MMS dalam perkara yang kini berproses di PN berawal saat MMS menjabat sebagai Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong). Kala itu, Pemerintah Kabupten Bolmong telah menerima dana TPAPD tahun 2010 berbandrol Rp12 miliar lebih. Parah, MMS ternyata telah menerima sebagian dana itu untuk digunakan demi kepentingan pribadinya.

Alhamdulilah, pihak Polres Bolmong yang berhasil mengendus adanya penyimpangan uang negara itu lantas melakukan langkah penyelidikan, dan begitu mengantongi bukti yang cukup, kasus pun dinaikan ke tahap sidik.

Dari hasil audit, tercatat penyimpangan dana TPAPD Bolmong 2010 ini, mengakibatkan negara mengalami kerugian sebesar Rp1,250 miliar lebih.

MMS sendiri, diseret ke pengadilan oleh Kejari Kotamobagu berdasarkan pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana yang telah diubah dan ditambahkan dengan UU RI No 20 tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU RI No 31 tahun 1999. (ekaputra)

IKLAN
loading...