Dukung Program Pemerintah, Ibis Manado Gaungkan ‘Free Single Used Plastics’

Pengurangan sampah plastik yang digalakkan secara nasional, baik itu dari pemerintah pusat hingga ke daerah di berbagai penjuru nusantara Indonesia, direspon cepat oleh salah satu Hotel ternama di Kota Manado, Ibis Manado City Center Boulevard.

Buktinya, lewat press conference, Kamis, 11 April 2019 di ibis Kitchen Restaurant yang dipimpin langsung oleh General Manager ibis Manado City Center Boulevard, Afif Khairi, mengatakan Ibis Manado telah berupaya untuk mengurangi penggunaan plastik dengan program Free Single Used Plastics. Yang mana, program ini bertujuan dalam pengurangan penggunaan botol plastik dan sedotan plastic.

“Hal-hal yang mendasari ibis Manado melakukan kampanye pengurangan penggunaan botol plastik yaitu sebagai upaya mengurangi sampah plastic. Meningkatkan kesadaran akan bahaya penggunaan produk plastic. Sesuai dengan larangan penggunaan plastik sekali pakai (single-use plastic), contoh: kantong plastik, sedotan, pengaduk kopi, botol soda dan air, dan sebagian besar kemasan makanan yang dideklarasikan oleh pemerintah Sulawesi Utara pada tanggal 4 April 2018. Serta bagian dari program AccorHotels Planet 21,” beber Afif.

Tambahnya, planet 21 merupakan salah satu program dari AccorHotels yang berhubungan dengan ramah lingkungan serta menjaga kelangsungan hidup Planet kita dengan berbagai hal-hal kecil. Salah satunya yaitu dengan tindakan kami, yaitu mengurangi penggunaan plastik di Hotel mulai dari botol plastik dan sedotan plastik.

“Kami menyediakan water jug di setiap kamar sebagai ganti botol plastik air mineral sekali pakai. Water jug bisa diisi ulang dengan air mineral yang tersedia di dispenser setiap koridor. Dispenser air disebarkan di setiap lantai. Inisiatif ini didukung oleh AKE. Untuk memudahkan para tamu maka sangat dibutuhkan bantuan dari semua staf yang sedang melayani tamu di kamar dengan cara menawarkan untuk membantu mengisi ulang water jug yang sudah kosong. Tetapi, apabila tamu tetap ingin menggunakan air mineral di dalam botol plastik, maka akan tetap disediakan,” tandas Afif.

Sambungnya, saat ini sedotan plastik di restoran tidak lagi disediakan, justru kami menyiapkan sedotan dari kertas yang ramah lingkungan dan disiapkan bila ada permintaan dari tamu.

“Ibis Manado City Center Boulevard optimis di tahun ini dapat mengurangi pemakaian botol plastik sekali pakai. Tentunya keberhasilan sangat ditentukan oleh cara kita menjelaskan ke tamu. Kami berharap Program Pengurangan Penggunaan Plastik sekali Pakai ini akan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat,” tutup Afif. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020