Empat Tatanan Ini Jadi Fokus Penilaian Tim Penilai Kabupaten Sehat di Mitra

Tim Penilai dari Kementerian didampingi langsung para asisten dalam penilaian Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Wiwerda di Mitra.

RATAHAN — Kunjungan tim penilai Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Wiwerda di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), fokus melihat empat tatanan yang menjadi indikator pokok dalam penilaian tim dari Kementerian.

Dibawah koordinator penilai dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Aris Munandar SE MM sebagai kepala seksi wilayah I, dan Kementerian Kesehatan Lucky A Suryono sebagai JFU subdit PUTK, ingin melihat apakah empat tatanan tersebut ada di Mitra.

Empat tatanan yang dimakasud yakni pertama kawasan pemukiman, sarana dan prasarana, kedua kawasan industri dan perkantoran sehat, ketiga ketahanan pangan dan Gizi, keempat kehidupan masyarakat sehat yang mandiri.

Menurut Munandar apabila keempat tatanan tersebut dapat dipenuhi maka predikat Kabupaten Sehat kategori Swasti Saba Wiwerda dapat diraih oleh Kabupaten Mitra.

“Tujuan kedatangan kami hanya memastikan apakah keempat tatanan tersebut betul-betul ada. Apakah ada konsistensi dan keterlibatan pemerintah dalam hal tersebut,” tutur Munandar.

Ditambahkannya, empat tatanan tersebut yang diusulkan pemerintah daerah untuk meraih predikat Kabupaten sehat kategori Swasti Saba Wiwerda, sehingga tim diturunkan untuk menilai keempat tatanan tersebut. (fensen)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020