Evaluasi 700 THL ‘Bukan Manado’ Pemkot Menghemat 23,9 Miliar

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Manado Johnli Evans.
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Manado Johnli Evans.

MANADO – Pemerintah Kota Manado saat ini sedang mengevaluasi sekira 700 tenaga harian lepas (THL) yang bukan berdomisili di Manado. Dengan begitu, jika yang bukan warga manado dan nantinya diistirahatkan, maka anggaran yang bisa disimpan sebanyak Rp23,9 miliar.

“Memang benar saat ini Pemkot sedang mengevaluasi status kependudukan THL yang ada saat ini. Dimana, yang bukan warga manado akan dievaluasi, nantinya antara lain akan diistirahatkan atau dikaji kembali. Pasalnya, ada warga bukan manado tapi sudah menjadi andalan instansi terkait,” tutur Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Manado Johnli Tamaka, saat ditemui diruangan.

Lanjutnya, saat ini THL menerima upah (gaji) sebesar Rp2.850.000, sesuai dengan ketentuan dan aturan. Sebab itu, bila Rp2,8 juta dikali 700 honorer maka Pemkot bisa menghemat sebanyak 23,9 miliar.

“Ke-700 THL ini masih dalam pemeriksaan, dan belum diketahui pasti hasil yang didapat. Sehingga, diperlu diketahui, mereka tidak semua diberhentikan, tapi ada beberapa yang akan dipakai terus mengingat saat ini sudah menjadi andalan perangkat daerah terkait,” pungkas Tamaka. (stenly).

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020