IKLAN

F-Hanura Walk Out, 5 Fraksi Sah Perdakan APBD-P 2016 Kota Manado  


Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut bersama pimpinan DPRD Manado menandatangani nota kesepakatan Perda APBD Perubahan 2016 dalam sidang paripurna

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut bersama pimpinan DPRD Manado menandatangani nota kesepakatan Perda APBD Perubahan 2016 dalam sidang paripurna

MANADO – Setelah melalui pembahasan marathon antar komisi di DPRD Manado bersama mitra kerja eksekutif, akhirnya Ranperda APBD Perubahan 2016, resmi diperdakan dalam sidang paripurna DPRD Manado, Selasa (4/10/2016).

Sidang paripurna hingga jelang dinihari dihadiri Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan itu berlangsung a lot. Diawali dengan pembacaan laporan pembahasan 4 komisi, serta diwarnai interupsi.

Hingga memasuki laporan pemandangan akhir fraksi suasana nampak tegang. Ketegangan itu dipicu karena sejak awal pembahasan Fraksi Hanura menolak hadir membacakan pemandangan umum.

Akibatnya yang melakukan pembahasan dengan mitra kerja hanya 5 fraksi, masing-masing Demokrat, PDIP, Golkar, Gerindra dan Fraksi PAN.

Saat tiba pada pemandangan akhir fraksi, sidang yang dipimpin Ketua DPRD, Noortje Van Bone didampingi dua wakil pimpinan, Richard Sualang dan Danny Sondakh tidak memberikan kesempatan kepada F-Hanura menyampaikan pemandangan akhir mereka.

Alasan pimpinan dewan, F-Hanura sejak awal pada Paripurna tingkat I penyampaian nota keuangan APBD-P 2016 menolak dengan tegas menyampaikan pemandangan umum Fraksi.

Suasana tambah tegang ketika Ketua  Partai Hanura yang juga ketua Komisi B, Revani Parasan melakukan interupsi. “Kami menolak ikut membahas APBD Perubahan ini karena ada beberapa program pemkot tidak pro rakyat tapi disetujui dewan,” tegas Parasan.

Pernyataan Parasan ini langsung dikick balik oleh Van Bone selaku pimpinan sidang menyusul adanya desakan interupsi meminta pimpinan dewan harus komitmen. “Karena sejak awal hanya 5 fraksi yang setuju dan itu sudah korum sesuai tatib dewan, maka Ranperda APBD Perubahan 2016 ini sah,” tegas Van Bone.

Spontan F-Hanura gabungan 3 personil Nasdem langsung mengambil sikap politik walk out dari ruang sidang. Paripurna kemudian dilanjutkan dengan menandatanganan nota kesepakatan Perda APBD-P 2016 oleh pimpinan dewan bersama Wali Kota Manado. (antoreppy)

 

IKLAN
loading...