Februari, Program KIA Diluncurkan

Corneles Mononimbar

AMURANG—Pemerintah Minahasa Selatan (Minsel) terus memberikan terobosan baru kepada masyarakat. Kali ini melalui program Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) akan meluncurkan program Kartu Identitas Anak (KIA).  Kadis Disdukcapil Drs Corneles Mononimbar mengatakan, program KIA akan diluncurkan Februari 2018 ini.

Corneles Mononimbar

“Program ini sejak tahun lalu, kita memang sudah mempersiapkan peluncuran KIA. Saat ini kita sedang merampungkan uji coba program. Sedangkan fisik kartu sudah ada, meski jumlahnya belum sesuai estimasi kebutuhan,” jelasnya Kamis (1/2/2018).

Lebih jauh dikatakan, melalui program ini nantinya seluruh anak sejak usia 0 sampai 17 tahun ke bawah, akan memiliki kartu identitas yang menyerupai Kartu Tanda Penduduk (KTP) ini.

“Dalam persiapan peluncuran saat ini sementara menata ruangan perekaman data. Begitu juga dengan ruang tunggunya. Karena memang harus ada perbedaan dengan pengurusan KTP,” jelasnya lagi.

Mononimbar menuturkan, mengingat yang direkam datanya mulai dari bayi baru lahir, Disdukcapil Minsel akan menyiapkan ruangan yang memiliki pendingin serta ditunjang oleh fasilitas lainnya.

Sekretaris Disdukcapil menambahkan, KIA merupakan kartu yang sangat penting dan berguna bagi anak. Terutama untuk keperluan menabung, mengetahui identitas orangtua anak, serta berbagai kebutuhan lainnya.

Dengan satu harapan ketika nantinya program bisa jalan maka anak-anak bersama orang tua akan benar-benar terbantu. (vivi)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020