First Lady Bitung Ajak Warga MJL-MM

Dra Khouni Lomban-Rawung
Dra Khouni Lomban-Rawung
Dra Khouni Lomban-Rawung

BITUNG – Ketua TP PKK Kota Bitung, Dra Ny. Khouni Lomban-Rawung, M.Si mengajak seluruh masyarakat Kota Bitung untuk menjaga lingkunga sekitar. “Kebersihan lingkungan sekitar tidak bisa diangkap sepele,” ujar Rawung.

Oleh, MJL-MM atau (mari jaga lingkungan masing-masing) agar tetap bersih sangatlah penting. Apalagi saat ini, penyakit menular mematikan seperti Demam Berdarah Dengue tidak memakan korban di Kota Bitung.

“Tentu caranya dengan pemberantasan sarang nyamuk aides aegypti. Antara lain, pengelolaan sampah padat, modifikasi tempat perkembangbiakan nyamuk hasil samping kegiatan manusia, dan perbaikan desain rumah, serta menguras bak mandi dan tempat-tempat penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali,” ujar Rawung.

Berbagai macam cara juga dapat dilakukan dengan menutup rapat tempat penampungan air seperti tempayan, drum, dan tempat air lain dengan tujuan agar nyamuk tidak dapat bertelur pada tempat-tempat tersebut.

“Mengganti air pada vas bunga dan tempat minum burung setidaknya seminggu sekali.Membersihkan pekarangan dan halaman rumah dari barang-barang bekas terutama yang berpotensi menjadi tempat berkembangnya jentik-jentik nyamuk, seperti sampah kaleng, botol pecah, dan ember plastik. Munutup lubang-lubang pada pohon terutama pohon bambu dengan menggunakan tanah. Membersihkan air yang tergenang di atap rumah serta membersihkan salurannya kembali jika salurannya tersumbat oleh sampah-sampah dari daun,” tuturnya.

First Lady Bitung ini berharap agar informasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Bitung, dalam mencegah penyakit DBD.(hry)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020