IKLAN

Lomba Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemar Ikan) Provinsi ke-14

First Lady Sulut Ungkap Enam Fakta Dibalik Daging Ikan


 Sebelumnya Gubernur telah melantik Ketua dan Wak Ketua TP PKK Sulut Ibu Ir Rita Maya Dondokambey dan dr Kartika Devi Kandouw Tanos MARS sebagai Ketua dan Wakil Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Provinsi Sulut bersasarkan SK Gubernur No.188 Tahun 2016 Tanggal 28 Juni 2016. Sedangkan Kadis Kelautan dan Perikanan Sulut Ir Ronald Sorongan duduk sebagai penasehat. Hadir dalam pembukaan lomba Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemar Ikan) itu, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Wakil ketua TP-PKK Devi Kartika Kandouw Tanos, Kepala Kesbangpol Sulut, Edwin Silangen, Kadis Diknas AG Kawatu, Kepala DKP Sulut, Ronald Sorongan

Sebelum lomba Gemar Ikan, Gubernur melantik Ibu Ir Rita Maya Dondokambey (keempat dari kiri) sebagai Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional Sulut dan Wakil dr Kartika Devi Kandouw Tanos MARS (ketiga dari kiri) di Mantos, Sabtu (8/10) (foto:Ist)

MANADO-Enam fakta soal daging ikan yang mempunyai tingkat gizi tinggi, perlu diketahui keluarga sebagai bagian terkecil dari masyarakat. Melihat potensi kelautan dan perikanan di Sulawesi Utara (Sulut) cukup besar. Hal ini dikatakan Ketua TP-PKK Sulut Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan.

Ikan salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat,”ungkap Istri tercinta Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat pembukaan lomba Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemar Ikan) juga lomba masak menu serba ikan tingkat Provinsi ke-14, dibuka langsung Gubernur di Manado Town Square (Mantos) siang tadi, Sabtu (8/10).

Menariknya, hadir dalam pembukaan lomba Gemar Ikan tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakil ketua TP-PKK Devi Kartika Kandouw Tanos, Kepala Kesbangpol Sulut, Edwin Silangen, Kadis Diknas AG Kawatu, Kepala DKP Sulut, Ronald Sorongan.

Ibu Rita mengungkapkan daging ikan mempunyai tingkat gizi tinggi yang harus diketahui keluarga-keluarga di Sulut.

Yaitu, mengandung protein dan sebagai mineral penting untuk kesehatan dan kecerdasan, ikan kaya fosfor penting bagi sel dan metabolisme tubuh, ikan kaya zat besi, zinc dan iodine untuk perkembangan sel-sel otak dan hormon pertumbuha fisik dan mental.

Keempat lanjut Ibu Rita, kadar kolesterol daging ikan rendah, daging ikan mengandung asam lemak tidak jenuh (asam lemak omega 3) yang dapat mempengaruhi fungsi pembuluh darah sehingga dapat mencegah serangan stroke dan penyakit jantung.

Terakhir, ikan mudah diolah dan dapat dikreasikan menjadi berbagai aneka masakan keluarga,”jelas Ibu Rita.

Potensi kelautan dan perikanan Sulut cukup besar dalam mensuplai bahan baku ikan. Ia menyebut memiliki karakter unik. Misalnya kuliner, dimana terdapat berbagai variant menu hasil laut yang menjadi ciri khas sehingga menjadi icon bagi daerah seperti tuna, tongkol dan cakalang.

“Semoga juara pada lomba masak ini dapat mengikuti lomba ditingkat Nasional nanti di Jakarta 21 November 2016 mendatang,”tandasnya

(srikandi/hm)

IKLAN
loading...