GAMKI Sulawesi Utara Serukan Tolak Politik Uang di Pilkada

Ketua DPD GAMKI Sulawesi Utara, Debby Suma. (Foto:ist)

Manadoline, Manado — Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sulawesi Utara, Debby Suma mengajak semua elemen masyarakat secara khusus para generasi muda di daerah ini untuk mengawal proses Pilkada Serentak Lanjutan tahun 2020 yang akan digelar besok, Rabu (09/12/2020).

“Saya mengajak semua elemen masyarakat khususnya para generasi muda yang ada di Sulawesi Utara, untuk mengawal proses demokrasi di daerah yang kita cintai ini,” ungkap Debby Suma.

Menurutnya, momentum demokrasi melalui pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota akan menjadi tonggak bersejarah, jika semua elemen masyarakat ikut berpartisipasi didalamnya.

Lanjutnya, generasi muda harus mampu menggagas sebuah komitmen pribadi mewujudkan Pilkada tanpa praktik-praktik politik yang tidak baik, yang hanya merusak tatanan kehidupan berdemokrasi di negara ini.

“Generasi muda Kristen harus mampu berkomitmen menolak praktik politik dengan berkata tidak pada tawaran politik uang, tolak isu SARA, dan tolak HOAX yang dapat merusak proses berdemokrasi,” ujarnya.

Debby juga meminta generasi muda ikut membantu penyelenggara melakukan edukasi politik yang benar kepada masyarakat, terutama terhadap upaya-upaya untuk menciptakan suasana yang tidak kondusif karena Pilkada.

Dia menegaskan, Pilkada adalah sarana kedaulatan rakyat, karena rakyat menjadi pengambil keputusan publik terhadap masa depan Sulut, Kabupaten dan Kota yang menggelar Pilkada dan diperlukan kekuatan dan partisipasi dalam mewujudkan kedaulatan rakyat tersebut.

“Kita harus berkomitmen kuat melawan politik uang, isu SARA, dan HOAX yang dilakukan untuk kepentingan kemenangan. Padahal hal tersebut sangat tegas dilarang oleh Undang-Undang,” tegasnya.

“Mari torang jaga persatuan dan kesatuan, dalam doa dan upaya bersama demi mewujudkan Pilkada yang berintegritas, aman, tertib, damai dan sehat,” pungkasnya. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020