IKLAN

Garda Tipidkor Sulut Sorot Kinerja Kejari Bitung Tangani Kasus Korupsi


Berty Lumempouw

Berty Lumempouw

BITUNG-Dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh pada tgl 9 Desember, Garda Tipidkor Sulut selain menginventarisir dugaan Korupsi yang terjadi pada Pemerintahan Provinsi dan 15 Kabupaten/Kota, juga menyorot kinerja Kejaksaan Negeri yang berada di seluruh Provinsi Bumi nyiur melambai.

Berdasarkan data dari Aparat Penegak Hukum khususnya Kejaksaan, kinerja Kejaksaan Negeri Bitung dan Cabang Ondong Siau menempati peringkat paling rendah dibandingkan daerah lainnya, dimana Kejari Bitung dan Kejari ondong siau dalam kurun waktu 1thn 2015, kasus dalam tahap Penyelidikan hanya berjumlah 1 Kasus. Sedangakan Kejaksaan Negeri yg paling teratas mengungkap dugaan kasus korupsi yaitu Kajari Manado degan rincian : 8 kasus dalam tahap Penyelidikan, 3 Kasus Penyidikan, 1 Kasus Penuntutan dan 7 Kasus sudah di eksekusi, dengan total Kerugian Negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp 2.090.079.218.

Hal ini disampaikan oleh Berty Lumempouw, Pembina Garda Tipikor Sulut, Senin (14/12). “Berdasarkan data yang ada, saya selaku Pembina Garda Tipidkor Sulut Meminta kapada Kajati Sulut utk mengevaluasj Kinerja Kejaksaan Negeri didaerah yang tidak optimal menjalankan tugas khususnya dlm memberantas Korupsi khususnya di kota bitung, padahal setahu saya banyak sekali proyek-proyek pemerintah yang bermasalah, sebagai contoh Pembangunan Monumen Trikora berbandrol Milyaran Rupiah, pihak Kejaksaan Bitung terkesan kurang Pro Aktif dalam mengusutnya,” jelas Lumempouw.

Garda Tipidkor Sulut berharap Kejaksaan Tinggi sulawesi utara untuk mengambil alih, kalau perlu segera melakukan Pengusutan/Penyelidikan atas indikasi penyimpangan pada pembangunan monumen Trikora di Kota Bitung. 1 kasus Korupsi yang ditangani saat ini oleh Kejari Bitung, itupun masih dalam taraf Penyidikan.

“Tidak lupa juga kami memberikan Apresiasi kepada Kejari kota Manado yang menunjukan kinerja yang baik dalam upaya pemberantasan Korupsi,” pungkasnya. (jones)

IKLAN
loading...