Gelar Aksi Bersih Laut, KSOP Manado Ajak Masyarakat Jangan Buang Sampah

Kepala KSOP Manado, Stanislaus Wembly Wetik. (foto:hanri)

MANADO – Kebersihan laut Manado terus menjadi sebuah perhatian berbagai kalangan termasuk pemerintah. Kali ini kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado, menggelar aksi bersih laut, Kamis (12/9/19).

Aksi bersih laut yang sejak pukul 08.00 wita tersebut dilakukan di seputaran pelabuhan dan kali mas Manado, melibatkan seluruh jajaran di KSOP Manado dan sejumlah stakholder yang berhubungan dengan laut.

Kepada Manadoline.com, Kepala KSOP Manado, Stanislaus Wembly Wetik mengatakan aksi bersih laut ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Laut Nasional (Harhubnas) 2019.

“Kegiatan ini dilaksanakan serentak di 198 pelabuhan di seluruh Indonesia yang digagas oleh Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan Laut, Kementrian Perhubungan, dan berhasil memecahkan rekor muri,” kata Wetik.

Kegiatan bersih laut. (foto:hanri)

Menurut Wetik, kegiatan bersih laut khusus KSOP Manado melibatkan 750 orang, yang terdiri dari KSOP Manado, Pelindo, Lantamal, Pengusaha Kapal, Dinas Lingkungan Hidup Manado, Dinas Perhubungan Manado, siswa SMK Pelayaran serta ratusan relawan lainnya.

Lebih lanjut, pelaksanaan kegiatan bersih laut juga masuk dalam catatan rekor muri dengan melibatkan 198 pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Tercatat dalam rekor muri dengan melibatkan 198 pelabuhan se- Indonesia. Pukul 08.30 aksi bersih laut dilakukan secara serentak,” ungkapnya.

Syahbandar ini berharap, pemerintah dan masyarakat termasuk mereka yang berhubungan dengan laut untuk terus melakukan kegiatan bersih laut dan Kementerian Perhubungan akan terus memberikan edukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah di laut dan berperilaku hidup bersih. (hc)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020