Gelar Ibadah Natal 2019, 85 Orang WBP Rutan Manado Dapat Remisi Khusus

Pemberian remisi khusus usai ibadah Natal Rutan Manado. (foto:ist)

MANADO – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIA Manado, menggelar Ibadah Natal Yesus Kristus di gedung Gereja Abigael, Rabu (25/12/2019). Ibadah yang dimulai pada pukul 09.00 wita tersebut dipimpin oleh Pendeta Barnabas Sumampouw,S.Th.

Ibadah Natal yang dihadiri ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bersama Kepala Rutan Raden Budiman Priatna Kusumah dan jajaran, mengambil tema: Hiduplah sebagai Sahabat Bagi Semua Orang.

Dalam khotbahnya, Pendeta Barnabas Sumampouw mengajak segenap jemaat yang hadir untuk tetap berserah kepada Tuhan dalam menghadapi dan menjalani pergumulan kehidupan.

“Kita semua selalu berserah kepada Tuhan, apapun yang menjadi pergumulan hidup yang kita lalui serta tetap membagikan damai dan sukacita Natal kepada sesama manusia,” ungkapnya.

Usai melaksanakan ibadah, Kepala Rutan Klas IIA Manado Raden Budiman Priatna Kusumah yang tampil memakai topi santa claus, menyampaikan sambutan Natal dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasonna Hamonangan Laoly.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia tentang pemberian Remisi Khusus Natal yang dibacakan oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Wahyono.

Dalam surat keputusan tersebut, sebanyak 85 warga binaan penghuni Rutan Manado mendapat remisi khusus Natal atau pengurangan masa pidana dengan perincian 39 orang mendapatkan remisi 15 hari, 40 orang      menerima remisi 1 bulan dan 1 orang mendapat remisi 1 bulan 15 hari.

Sementara 5 orang WBP mendapat remisi khusus (RK II) yang langsung bebas, yaitu 4 orang mendapatkan remisi 15 hari dan 1 orang menerima remisi 1 bulan.

“Saya berharap, pemberian remisi khusus Natal ini menjadi motivasi bagi semua warga binaan untuk mau merubah diri menjadi lebih baik. Maknanya, jauh lebih dari sekedar pemenuhan hak warga binaan dan perayaan hari raya keagamaan, tetapi motivasi agar ketika kembali ke masyarakat benar-benar menunjukkan perubahasan sikap dan prilaku hidup yang baik,” kata Ka. Rutan Budiman Kusumah.

Selesai dengan ibadah dan pemberian remisi khusus yang dilakukan di gedung gereja Abigael, Rutan Klas IIA Manado melanjutkan dengan kegiatan pelayanan besukan khusus hari raya Natal. (hcl)

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020