Gelombang Tinggi dan Angin Kencang, Muhailing: Kapal Yang Berangkat Mengacu Informasi BMKG

Gelombang tinggi disertai angin kencang di pantai Boulevard Tidore beberapa waktu yang lalu.

Tahuna— Gelombang tinggi dan angin kencang yang terjadi beberapa hari terakhir ini di wilayah Kabupaten Sangihe menjadi perhatian semua pihak termasuk Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna. 

Dimana khusus untuk keberangkatan kapal yang setiap hari melakukan pelayaran dari pelabuhan Tahuna menuju Manado atau sebaliknya, harus memperhatikan atau informasi dari BMKG.

Hal ini dikatakan Kepala KUPP Kelas II Tahuna, Mocodompis Muhaling ketika dikonfirmasi media ini, Senin (13/01) kemarin.

“Jadi keberangkatan kapal tetap mengacu pada informasi cuaca dari BMKG dan selalu diberikan arahan tentang keselamatan kapal dalam pelayaran terhadap nahkoda pada saat pemberian SPB sebelum kapal di
berangkatkan,” ungkap Muhaling.

Dan untuk saat ini lanjutnya, kapal masih melakukan aktifitas seperti biasanya dan tentunya tidak mengabaikan arahan dan perintah.

“Kalau untuk saat ini, kapal masih melakukan pelayaran seperti biasanya. Dan kalaupun gelombang tinggi terjadi maka secara otomatis kami selaku pihak terkait akan melarang keberangkatan tersebut, apalagi saat melakukan pelayaran ada ratusan penumpang yang ikut berlayar. Jadi himbauan kami kepada pihak pemilik kapal dapat melihat keselamatan penumpang dan memeriksa kapal sebelum berlayar,”
pungkasnya. (Zul) 

IKLAN Sukseskan Manado Fiesta 2020