IKLAN

Gemar Membaca di Rutan Malendeng


PERPUSTAKAAN KELILILNG: Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) asyik memilih buku untuk dibaca kemarin.

PERPUSTAKAAN KELILILNG: Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) asyik memilih buku untuk dibaca kemarin.

MANADO – Berbagai inovasi positif terus dilakukan Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Manado di Malendeng untuk memberdayakan semua potensi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) guna mengisi rutinitas keseharian mereka.

Setelah Napi Berkebun yang kini mulai menampakkan hasilnya, kembali Rutan Manado melakukan kerjasama dengan Badan Perpustakaan Nasional Sulut untuk memberdayakan Gemar Membaca.

Dan agenda awal mulai terealisasi kemarin ketika mobil Perpustaan Keliling dengan ribuan buku didalamnya ‘menyambangi’ kawasan Rutan yang berada bilangan Malendeng itu. Kedatangan Mobil Perpustakaan itu disambut positif oleh sekitar 75 WBP yang kini mendiami Rutan yang mendekati rampung proses renovasi itu.

Terobosan ini, menurut Kepala Rumah Tahanan Klas IIA Manado, Akhmad Zaenal Fikri, adalah untuk mengisi keseharian para WBP dalam hal-hal berbau positif.

‘’Harapan kami, ini berjalan berkesinambungan serta rutin agar Gemar Membaca ini dapat mengisi waktu luang semua WBP,’’ ujarnya kemarin.

Dia sendiri berharap agar Badan Perpustakaan Nasional Sulut, secara intens ‘menyambangi’ Rutan Malendeng.

Di bagian lain, Lensy Rompis, Kepala Sub Bidang Jaringan Perpustakaan Badan Perpustakaan Nasional Sulut menjelaskan bahwa kerjasama dengan Rutan Malendeng memang sebulan sekali, pada hari Rabu.

‘’Namun, kami akan upayakan agar bisa dua minggu sekali,’’ ujar Lensy yang merupakan koordinator Perpustakaan Keliling ini. Karena banyak WBP yang berasal dari kasus Tindak Pidana Korupsi, maka buku mengenai hukum yang banyak dicari.

Hanya saja, menurut Lensy, ribuan buku yang dibawa kali ini, tidak banyak mengenai hukum tapi dari berbagai jenis buku. ‘’Untuk berikut, akan kami bawa lebih banyak buku lagi,’’ tambahnya. (ekaputra)

IKLAN
loading...